Sebulan Operasi, Satgas Jaring Dua Ribuan Pelanggar Prokes – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Sebulan Operasi, Satgas Jaring Dua Ribuan Pelanggar Prokes


KENDARIPOS.CO.ID — Meski telah diberlakukan, masih saja ada warga metro yang tidak mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Selama operasi yustisi berlangsung, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Kendari, menjaring sekitar 2 ribuan pelanggar prokes. Penegakan aturan prokes tidak hanya diperuntukan bagi perorangan namun juga pelaku usaha.

Selama operasi yustisi, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Kendari menjaring sekitar 2 ribuan pelanggar prokes. Tak hanya bagi perorangan namun juga pelaku usaha. Kawasan MTQ Square Kendari menjadi salah satu wilayah operasi. Tampak lapak-lapak pedagang di sekitar Tugu Persatuan

“Kalau ditotal pelanggarnya sudah mencapai 2.000 orang. Tapi sejak kemarin (19 – 25 Oktober) terjadi penurunan yang signifikan dari angka 400 pelanggar menjadi 200 pelanggar. Itu untuk pelanggar perorangan. Kalau untuk pelanggar pengusaha dari angka 90 pelanggar menjadi 40 pelanggar,” ungkap Kasat Binmas Polres Kendari, AKP Yusuf Muluk Tawang, kemarin.

Untuk hari ini (kemarin), pihaknya berhasil menjaring sebanyak 38 pelanggar prokes perorangan dan 4 pelanggar dari pelaku usaha di tiga titik lokasi operasi yakni di Jalan Bunggasi (Anduonohu), Pelataran Tugu Religi dan Kawasan Kendari Beach. “Mereka yang terjaring tentunya kami berikan sanksi. Kalau pelanggar perorangan diberikan sanksi teguran lisan dan kerja sosial seperti membersihkan lingkungan. Sementara bagi pelaku usaha yang melanggar kami berikan sanksi tertulis,” ungkap Yusuf.

Ia tak menampik selama operasi yustisi ditemukan pelanggaran yang berulang dan dilakukan oleh pelaku usaha. “Kalau yang terjaring berulang itu para pelaku usaha. Ada yang sudah dua kali. Datanya ada dan akan disampaikan kepada Bu Sekda untuk turunkan tim dari Dinas Perizinan. Karena teguran berikutnya adalah penghentian sementara usaha. jika masih memandel, maka pencabutan izin usaha,” tegasnya.

Wali Kota Kendarim Sulkarnain Kadir menegaskan akan terus menggelar operasi yustisi penegakan disiplin Prokes di tengah masyarakat. Sebab, menurutnya masih dilakukan pengawasan pun masih ada beberapa masyarakat yang abai. “Sebenarnya kalau dikatakan banyak itu relatif. Tentnya, hal ini akan menjadi bahan perhatian satgas.Sebab hanya dengan menerapkan prokeslah wabah covid-19 bisa dikendalikan dan dicegah penularannya,” kata Sulkarnain.

Soal sanksi, Sulkarnain mengakui sudah memberlakukan penerapan sanksi denda kepada pelanggar prokes. Hanya saja implementasinya di lapangan mungkin masih belum dilakukan satgas mengingat kondisi perekonomian masyarakat saat ini semua terganggu, sehingga petugas masih memberikan kebijaksanaan dengan memberikan sanksi berupa teguran lisan dan kerja sosial.

“Saya tak hentinya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mematuhi prokes yang berlaku. Gunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak serta tidak berkerumun. Hanya itu cara yang paling efektif untuk mencegah penularan. Saya minta masyarakat untuk bersatu dan bahu-membahu bersama pemerintah untuk memerangi covid-19,” ujarnya.
Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) hasil operasi yustisi yang digelar sebulan terakhir. Nantinya akan diputuskan apakah perwali akan tetap diberlakukan ataukan dikemas kedalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) yang lebih tegas penekannya. “Nanti kita evaluasi dulu. Yang jelasnya, operasi yustisi tetap berjalan dan kita pastikan masyarakat bisa terhindar dari penularan wabah ini,” kata Sulkarnain. (b/ags)

Operasi Yustisi
-Mulai Tanggal 1-30 Oktober
-Pelanggar Prokes Capai 2 Ribuan
-Perorangan Maupun Pelaku Usaha
-Tanggal 19-25 Oktober Terjadi Penurunan 50 Persen
-Baru Sebatas Sanksi Teguran dan Kerja Sosial

Kasus Covid-19 di Kota Kendari
Tanggal 30 Oktober 2020 Hingga Pukul 15.00 Wita
Positif 2.520 Kasus
Sembuh 1.843 Pasien
Perawatan 588 Pasien
Meninggal Dunia 31 Orang

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy