Revitalisasi Asrama Haji Kembali Dilanjutkan – Kendari Pos
Metro Kendari

Revitalisasi Asrama Haji Kembali Dilanjutkan

KENDARIPOS.CO.ID — Pengerjaan proyek revitalisasi Asrama Haji kini menemui titik terang. Meski mendapat sanggahan, Kementerian Agama (Kemenag) Sultra tetap melanjutkan proyek senilai Rp 37 miliar ini. Pasalnya, hasil tender yang dimenangkan PT. Tripolar Utama Sultra telah sesuai memenuhi ketentuan.

Kepala Kemenag Sultra, Fesal Musaad memastikan revitalisasi Asrama Haji telah sesuai prosedur. Bahkan telah mendapat rekomendasi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) RI dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra. “Tender ini (revitalisasi) kan online. Pemenangnya juga sudah dihasilkan yakni PT. Tripolar Utama Sultra. Akan tetapi mungkin ada pihaknya yang tidak puas dengan hasilnya sehingga mengadukan ke Ombudsman Perwakilan Sultra. Ombudsman pun mengeluarkan keputusan untuk tender ulang,” ungkap Fesal, kemarin.

Rekomendasi tersebut (tender ulang), kata Fesal, tidak bisa dilakukan. Pasalnya, LKPP telah mensahkan pemenang lelang, bahkan revitalisasi sudah berjalan. “Yang saya sesalkan itu, kenapa Ombudsman kok terbitkan rekomendasi tender ulang, sementara LKPP RI dan bahkan Kejakaaan Tinggi Sultra saya minta tanggapannya mengatakan bahwa prosedur yang kami jalankan sudah betul dan sesaui prosedur. Saya mengganggap ini menghambat pembangunan (revitalisasi),” ungkap Fesal.

Kendati mendapat warning dari Ombudsman, Fesal mengaku revitalisasi akan terus berjalan dan ia menargetkan akan tuntas pada periode April – Mei 2021. Tidak hanya semata untuk pemelihataan bangunan, namun juga upaya Kemenag Sultra mewujudkan embarkasi haji Sultra

“Saat ini, kami bangun infrastruktur berupa revitalisasi wisma. Setelah itu, nantinya akan dilihat berapa daya tampungnya. Kalau daya tampung wisma sudah bisa untuk dua kelompok terbang atau kloter, maka sudah bisa memenuhi salah satu syarat Embarkasi Haji Antara. Anggaran revitalisasi wisma atau tower haji tersebut sebesar Rp 37 miliar,” katanya.

Lebih lanjut, beberapa fisik bangunan yang lama yang ada di kompleks asrama haji tersebut akan direnovasi atau dialih fungsi menjadi aula kedatangan, aula keberangkatan, kemudian siapkan masjid yang bisa daya tampung 1.000 jamaah, klinik kesehatan, gudang dan dapur. “Itu harus dilakukan (dibangun) agar bisa memenuhi kriteria infrastruktur pendukung Embarkasi Haji Antara berdasarkan syarat Kemenag RI,” ungkapnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy