Rencana Pembangunan Rumah Sakit Tipe D, Pemkot Optimis Dapat Restu Kemendagri – Kendari Pos
Metro Kendari

Rencana Pembangunan Rumah Sakit Tipe D, Pemkot Optimis Dapat Restu Kemendagri


KENDARIPOS.CO.ID — Guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, Pemerintah Kota Kendari berencana kembali mendirikan rumah sakit umum daerah (RSUD) di otoritanya. Rencana itu, sepenuhnya telah disetujui dewan dan saat ini sudah dilaporkan ke Kemendagri. Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir meyakini, rencana pembangunan itu bakal mendapat persetujuan Kemendagri. Pasalnya, rumah sakit adalah sarana kesehatan masyarakat. “Ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Saya yakin pusat bisa memahaminya,” kata Sulkarnain.

Ia pun menyempatkan waktu melakukan peninjauan langsung lokasi pembangunan rumah sakit di Jalan Chairil Anwar di kawasan Puuwatu. “Kami sudah cek. Lokasinya luas, akan tetapi di tengah ada lubang yang memang tidak bisa kita timbun. Ya, terpaksa mungkin desainnya agak menyesuaikan dengan kondisi itu,” jelasnya.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir

“Tapi setelah saya pikir itu malah bagus. Saya malah minta itu (lubang) bisa menjadi tempat refresh para pasien. Karena posisisnya di tengah. Untuk bangunannya nanti bisa menyesuaikan. Mudah-mudahan bisa segera kita wujudkan,” tambahnya. Sulkarnain mengungkapkan, kapasitas rumah sakit tipe D ini, mampu menampung hingga 67 pasien rawat inap. “Kapasitasnya 67 tempat tidur (bed). Tipe D kan minimal 50 tempat tidur. Tapi kita buat lebih,” terangnya.

Adapun untuk penganggarannya, lanjut Sulkarnain, yakni melalui peminjaman pada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 146 miliar dengan jangka waktu pengembalian yang cukup ringan dan panjang sekira sekitar 10 tahun. “Sudah ditaksir, rumah sakit tipe D ini bisa memberikan sumbangan PAD (Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp 20 – Rp 35 miliar setiap tahun. Jadi, selain bisa memberikan pelayanan optimal ke masyarakat, hadirnya rumah sakit ini menjadi sumber pendapatan baru bagi daerah,” imbuhnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy