Rektor UHO Genjot Peningkatan Akreditasi – Kendari Pos
Edukasi

Rektor UHO Genjot Peningkatan Akreditasi

Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai perguruan tinggi negeri terbesar di Sultra, Universitas Halu Oleo (UHO) terus memberikan layanan pendidikan yang terbaik, guna menciptakan alumni yang cerdas, unggul dan berdaya saing. Tak heran bila kampus yang dinakhodai Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu ini, berupaya menggenjot peningkatan akreditasi perguruan tinggi maupun akreditasi program studi.

Saat ini, Universitas Halu Oleo melakukan berbagai upaya dan dukungan, baik melalui LPPMP maupun fakultas dan Prodi baik dalam bentuk material maupun nonmaterial, termasuk mendukung kegiatan pendampingan dalam penyusunan borang institusi dan borang akreditasi program studi.

Perbaikan akreditasi terus kita upayakan, baik untuk akreditasi universitas, fakultas hingga program studi,” ungkap Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun, kemarin.

Diakuinya, pada 11 Agustus 2020, akreditasi UHO telah diperpanjang oleh Badan Akreditasi Nasional- Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat akreditasi B. “Perbaikan peringkat akreditasi institusi terus kita upayakan dalam memenuhi syarat peringkat “Akreditasi Unggul”. Untuk mencapai akreditasi ini, Kampus Hijau tersebut harus mendapatkan skor butir penilaian Akreditasi Program Studi kurang lebih 3,25. Saat ini nilai UHO pada point 2,84,” imbuhnya.

Menurut Ketua KAGAMA Sultta ini, dari 108 Program Studi (Prodi) yang ada di UHO, sekitar 17 Prodi telah mengantongi akreditasi A, 62 Prodi berstastus akreditasi B, dan 21 Peodi mengantongi akreditasi C. Sedangkan 3 Prodi yang sementara mengajukan dan 4 Prodi dalam proses reakreditasi. “Program studi tersebut tersebar dalam jenjang S3, S2, Pendidikan Profesi, S1, dan Program Vokasi,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan bahwa berdasarkan kualitas, jumlah Prodi yang terakreditasi semakin bertambah. Hal ini, ditandai dengan beberapa Prodi yang telah mengantongi Akreditasi A, yakni sebanyak 16%, Prodi dengan Akreditasi B sebanyak 57%, dan Akreditasi C dan Baik sebanyak 19%. Program Studi yang terakreditasi minimum (prodi baru) sebanyak 3%, dan Program Studi sedang menyusun reakreditasi (IAPS 4.0) sebanyak 5%.

“Selama lebih dari tiga tahun terakhir ini, capaian akreditasi Program Studi UHO dengan Peringkat A terus mengalami peningkatan signifikan. Tahun 2017, Prodi terakreditasi A hanya sebanyak 7 Prodi. Namun, pada Agustus 2020 telah menjadi 17 Prodi yang berarti telah meningkat 10 dari jumlah sebelumnya. Capain ini tentunya memberikan gambaran kepada kita bahwa jika kita semua terus berusaha, suatu saat kita bisa wujudkan UHO dengan akreditasi Prodi nilai A lebih dari 50%,” pungkasnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy