Raih WTP Kedua, Pemkab Koltim Dapat Reward Rp 24 Miliar dari Kemenkeu – Kendari Pos
Kolaka Timur

Raih WTP Kedua, Pemkab Koltim Dapat Reward Rp 24 Miliar dari Kemenkeu


KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Keuangan Republik Indonesia memberikan penghargaan pada Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) atas keberhasilan dalam pengelolaan keuangan daerah dengan meraih predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Dengan begitu, Kemenkeu memberikan dana insentif daerah (DID) tahun 2020 sebesar Rp 24 miliar lebih. Kepala KPPN Kolaka, Arief Rokhman, menyampaikan, penyerahan penghargaan pengelolaan keuangan yang baik dan dana transfer lainnya, sesuai undang-undang serta diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Tenggara.

Sekab Koltim, Eko Santoso Budiarto (kedua dari kiri) menerima penghargaan atas keberhasilan Pemkab dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan daerah, didampingi Kepala BPKAD, Martha S. Hutapea (kanan), kemarin

Ia mengapresiasi Pemkab Koltim yang telah bekerja sesuai arahan undang-undang dan dapat mempertahankan WTP keduakalinya. “Saya berharap tata kelola keuangan yang sudah baik dipertahankan, sehingga tahun depan dapat meraih kembali WTP plus dana insentif daerah tersebut,” kata Arief, Jumat (23/10). Sementara itu Sekretaris Kabupaten (Sekab) Koltim, Eko Santoso Budiarto, menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang diberikan pihak Kemenkeu dan BPK Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) tersebut.

“Alhamdulillah Pemkab Koltim jauh lebih maju dibandingkan sebelum mekar dulu. Kini Koltim telah meraih WTP plus dana insentif daerah. Raihan ini akan menjadi spirit agar pemerintah dalam pengelolaan keuangan daerah yang bersifat transparasi, bersih serta berkualitas,” kata Mantan Kadis Pertambangan Koltim ini. Sementara itu, Ketua DPRD Koltim, Suhaemi Nasir, mengatakan, kerja nyata Pemkab telah terlihat melalui beberapa penghargaan yang diraih. Salah satunya adalah penghargaan wajar tanpa pengecualian (WTP) plus DID yang diberikan Kemenkeu.

“Saya mendukung Pemkab Koltim yang telah menjalankan pemerintahan dan pengelolaan keuangan secara baik dan transparasi serta bersih. Mudah-mudahan dapat dipertahankan pada tahun mendatang,” kata Politikus Partai NasDem Koltim tersebut. Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Koltim, Martha S, Hutapea, merinci, Pemkab telah mendapat dana insentif daerah selama dua tahun berturut-turut. Hal itu karena atas perolehan WTP dan syarat lain yang ditaati. Komitemen Pemkab diantaranya pemenuhan 25 persen fisik, 20 persen alokasi dana pendidikan, 10 persen kesehatan dan dana desa 10 persen.

“Pemkab penuhi semua itu serta mengelola keuangan secara baik dan transparan. Sehingga Kemenkeu memberikan reward Rp 24 miliar lebih. Tahun lalu sebesar Rp 30 miliar dan akibat Covid-19 menjadi Rp 26 miliar. Pemkab Koltim telah meraih WTP tahun 2018-2019 berturut-turut. Kita harapkan tahun 2020 bisa dipertahankan lagi,” timpal Martha. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy