Pusterad Gelar Pembinaan Media Teritorial – Kendari Pos
Nasional

Pusterad Gelar Pembinaan Media Teritorial


KENDARIPOS.CO.ID — Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Pusterad) memandang peran media massa sangatlah strategis dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Peran stategis media adalah ketika negara ini dalam menghadapi ancaman perang proxy (proxy war) atau peperangan dengan menggunakan pihak ketiga.

“Insan pers yang punya corong, merupakan motor penggerak yang sangat dahsyat bagi negara dalam membangun jati diri dan karakter bangsa. Dihadapkan dengan ancaman perang proxy, maka peran media massa menjadi sangat penting, untuk bersama-sama TNI dalam ikut menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI,” ujar komandan Pusterad melalui tim Pusterad Kolonel Inf Riswanto dalam forum pembinaan media teritorial yang difasilitasi Kodim 1417 Kendari, Rabu (30/9) kemarin.

Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Pusterad) memandang media massa punya peran strategis dalam menjaga NKRI. Pelaksanaan pembinaan media teritorial di aula Markas Kodim 1417 Kendari oleh Pusterad, Rabu (30/9) kemarin dinilai sebagai momentum mengeratkan jalinan silaturahmi insan media massa dan TNI.

Kolonel Inf Riswanto menjelaskan bina media teritorial sebagai salah satu wadah menjalin silaturahmi yang lebih erat antara Pusterad, Kodim 1417 Kendari dan insan media massa lokal. Selain itu, bina media teritorial untuk mengetahui sejauh mana media massa mendukung Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) di daerah.

Begitu pula sebaliknya, kata Kolonel Inf Riswanto, Satkowil menjadikan produk media-media massa di daerah sebagai ruang informasi teritorial. Selain itu, melalui bina media teritorial ini untuk mengetahui sejauh mana media massa memberikan informasi positif tentang teritorial dan sejauh mana kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) mengolah informasi menjadi berita.

Bencana nasional non alam yakni wabah covid-19 belum berakhir, sehingga protokol dan aturan pemerintah masih tetap harus diterapkan. Menurutnya Kolonel Inf Riswanto, TNI telah mengerahkan seluruh kekuatan mulai dari prajurit, alat perang hingga fasilitas kesehatan yang dimiliki demi memerangi virus Covid-19. “Bukan hanya itu, jajaran TNI Angkatan Darat senantiasa membantu mengatasi kesulitan masyarakat, melalui pembinaan teritorial,” ungkap kepada para wartawan media cetak, media online dan elektronik.

Sementara itu, Dandim 1417 Kendari Letkol Kav Agus Waluyo mengatakan sesungguhnya sebuah tulisan yang dimuat media massa melalui kegiatan pembinaan media teritorial, mampu memberikan efek kepada pembaca dan pendengar. “Semoga ke depannya kita selalu bersinergi khususnya bertukar informasi, agar tersampaikan ke masyarakat, serta berita-berita menarik untuk diketahui publik,” ujarnya di aula Markas Kodim 1417 Kendari. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy