PT. SMI Beri Pinjaman Rp.1,1 Triliun untuk Mega Proyek Aman – Kendari Pos
Nasional

PT. SMI Beri Pinjaman Rp.1,1 Triliun untuk Mega Proyek Aman

KENDARIPOS.CO.ID — Duet Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (Aman) punya mimpi besar yang dipersembahkan untuk masyarakat Sultra. Perlahan tapi pasti, duet Aman mewujudkan mimpi besar mereka. Tiga mega proyek, pembangunan RS Jantung, perpustakaan modern dan jalan wisata Toronipa-Kendari perlahan terwujud. Mega proyek menuju Sultra Emas ala Aman.

Pembangunan tahap I jalan wisata Kendari-Toronipa dan RS Jantung sudah tuntas. Kini, Ali Mazi-Lukman Abunawas mantap menatap pembangunan tahap II jalan wisata Kendari-Toronipa dan RS Jantung, setelah PT. Sarana Multi Infrastuktur (SMI) menyetujui pinjaman yang diajukan pemprov sebesar Rp.1,1 triliun. Anggaran sebesar Rp 799,2 miliar untuk pembangunan jalan wisata tahap II, dan sekira Rp.388,8 miliar untuk kelanjutan pembangunan RS Jantung. “Pinjaman sebelumnya senilai Rp 799,2 miliar untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur ruas jalan Kendari–Toronipa,” ujar Kepala Dinas Kominfo Pemprov Sultra, Ridwan Badallah kepada Kendari Pos, Kamis (29/10) kemarin.

ALI MAZI

Pinjaman sekira Rp 799,2 miliar disetujui Juli lalu, sedangkan pinjaman Rp.388,8 miliar disetujui PT.SMI baru-baru ini. Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Direktur PT. SMI, Edwin Syahruzad sudah meneken Memorandum of Understanding (MoU) atas pinjaman daerah di Jakarta.

Kepala Dinas Kominfo Pemprov Sultra, Ridwan Badallah mengatakan pinjaman Rp.388,8 miliar tersebut merupakan yang keenam antara Pemprov Sultra dan PT. SMI.
Pembangunan RS Jantung merupakan salah satu upaya Pemprov Sultra mewujudkan komitmen dalam akselerasi pembangunan infrastruktur layanan kesehatan masyarakat (Kesmas).

“Niat baik ini tentu akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sultra di tengah pandemi Covid-19. Ini juga telah melalui tahapan proses yang sangat terukur dan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku,” ungkap Ridwan Badallah.

Sementara itu, Dirut PT.SMI Edwin Syahruzad mengatakan pinjaman yang diberikan kepada Pemprov Sultra untuk bantu mewujudkan percepatan program pembangunan infrastruktur kesehatan. Sebelumnya pada Juli 2020, Pemprov Sultra telah
meminjam dana sebesar Rp 799,2 miliar untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur ruas
jalan Kendari–Toronipa. Edwin Syahruzad menjelaskan sebagai syarat
dalam perjanjian pembiayaan antara PT.SMI dan Pemprov Sultra maka harus mengakomodir beberapa
ketentuan.

“Yakni transparansi rencana Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, keterbukaan informasi akan
regulasi perencanaan dan/atau konstruksi dari Kementerian terkait, informasi kualifikasi calon
konsultan/kontraktor, serta rencana mitigasi risiko atas dampak sosial dan/atau dampak lingkungan dari
calon lokasi proyek infrastruktur yang direncanakan,” jelas Edwin tentang prosedur verifikasi persetujuan pinjaman sebelum menyalurkan pinjaman PT.SMI sebagai Special Mission Vehicle (SMV)
Kementerian Keuangan.

Edwin Syahruzad menegaskan pinjaman daerah merupakan bentuk
dukungan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah melalui PT SMI. Dengan adanya fasilitas ini, Pemda dapat mempercepat penyediaan kebutuhan infrastruktur
dan memenuhi layanan publik.

“Dalam proses pemberian pinjaman, PT.SMI selalu mengedepankan
transparansi dan akuntabilitas dengan berkoordinasi kepada Kementerian Keuangan dan Kementerian
Dalam Negeri. Selain itu, PT.SMI juga memonitoring secara rutin realisasi pinjaman, agar tepat sasaran,” ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan, diterimanya usulan pinjaman oleh PT. SMI adalah awal yang baik bagi proyek strategis untuk pengembangan wisata dan penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat di Sultra melalui pembangunan RS Jantung. Dengan terbitnya suntikan dana pinjaman ini dapat mempercepat pembangunan jalan wisata yang kurang lebih sepanjang 11,145 kilometer. “Pinjaman pembiayaan ini sangat di tunggu-tunggu oleh pemerintah dan masyarakat Sultra. Sehingga percepatan pembangunan infrastruktur khususnya sektor pariwisata dan pelayanan kesehatan di Sultra dapat segera dilakukan,” tutur Ali Mazi dalam sebuah kesempatan. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy