Progres Jalan Kendari-Toronipa Capai 30 Persen – Kendari Pos
Metro Kendari

Progres Jalan Kendari-Toronipa Capai 30 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Proses ganti rugi lahan jalan wisata Kendari-Toronipa memang belum rampung. Namun bukan berarti pengerjaan proyek senilai Rp 1 triliun tertunda. Justru pembangunannya terus dikebut. Hingga kini, progres pengerjaan jalan Kendari-Toronipa tahap II ini telah mencapai 30 persen.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Abdul Rahim mengatakan terus mendorong percepatan pembagunan jalan wisata Kendari-Toronipa. Makanya, pengerjaannya berjalan simultan atau bersamaan antara pembebasan lahan dan pekerjaan fisik.

“Kami terus memancu penyelesaian pekerjaan fisik mulai dari Oktober hingga Desember mendatang. Kini, sudah masuk 30 persen. Jadi, pengerjaan fisiknya dilakukan bersamaan pembembasan lahan. Upaya ini guna mendorong percepatan pembangunan,” kata Abdul Rahim saat ditemui di gedung DPRD Sultra, Selasa (20/10).

Pembayaran ganti rugi lahan warga kata dia, telah dimulai. Pembebasan yang dimulai dari Kecamatan Soropia, Konawe sudah sampai di Desa Mekar. Kemudian akan dilanjutkan di Kelurahan Bajo Indah, Tapulaga dan seterusnya.

“Minggu lalu, ada 25 warga yang telah dicairkan uang ganti ruginya. Senin kemarin, sebanyak 8 orang. Kalau besaran nilai yang telah dibayarkan, saya kurang tahu pasti. Intinya, kami akan terus membebaskan lahan agar pekerjan fisik terus berjalan. Insya Allah, dalam waktu dekat ini juga tim penyampu ranjau akan mulai bekerja. Mereka adalah tim dari Mabes Angkatan Laut,” lanjutnya.

Sejauh ini, proyek pengejaannya masih sesuai target. Capaian ini tak lepas dukungan dan partisipasi masyarakat khususnya pemilik lahan. “Jika pembangunan jalan ini selesai, maka akan menjadi ikon wisata Sultra.. Banyak pembangunan yang telah kami lakukan, tapi pembangunan Jalan Toronipa-Kendari yang paling besar dan ini paling fantastis,” pungkasnya. (b/rah)

Jalan Wisata Kendari-Toronipa
Tahap I
-Anggarannya Rp. 144,9 Miliar
-Panjang 3,4 Kilometer
-Pengerjaannya Rampung

Tahap II
-Anggaran Rp 800 Miliar
-Panjang 11 Kilometer
-Progres 30 Persen
-Ditargetkan Rampung Desember 2021

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy