Program Food Estate Mentan Diapresiasi – Kendari Pos
Nasional

Program Food Estate Mentan Diapresiasi


KENDARIPOS.CO.ID — Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar memberikan apresiasi atas kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah komando Menteri Syahrul Yasin Limpo (SYL). Menurut Billy, Kementan telah meningkatkan nilai ekspor sektor pertanian di masa pandemi Covid-19.

“Saya mendukung semua program yang diusung oleh Kementan. Khususnya untuk meningkatkan sumber daya manusia terutama generasi milenial di sektor pertanian,“ kata Billy saat melakukan pertemuan dengan Mentan SYL di Kantor Pusat Kementan, Jakarta, Selasa (13/10).

Mentan Syahrul Yasin Limpo

Billy menyebut bahwa Mentan SYL memiliki program yang sangat krusial untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional, yaitu melalui program food estate yang kini tengah giat dilakukan di Provinsi Kalimantan Tengah. Billy selaku generasi milenial mengaku akan berkontribusi dalam mencapai output pertanian yang optimal melalui peningkatan penggunaan teknologi pertanian dan meningkatkan minat generasi muda di sektor pertanian untuk menjadi petani milenial.

“Menteri Pertanian memiliki program mendorong munculnya 2,5 juta petani milenial untuk menggerakan pertanian secara modern dan mengakses pasar secara leluasa. Untuk itu kami selaku Staf Khusus Presiden khususnya bidang inovasi, entrepreneurship dan milenial akan turut mendukung program tersebut dalam rangka menciptakan ketahanan pangan nasional, “ beber Billy.

Dia juga menyebut generasi milenial seharusnya kembali ke sektor pertanian. Karena dalam kondisi krisis akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indoensia saat ini, sektor pertanian merupakan sektor yang paling stabil. “Pertumbuhan di sektor pertanian paling tinggi dibanding sektor lainya. Sehingga sektor ini terbukti menjadi sektor andalan di negeri ini,” tambah Billy.

Merujuk data BPS, pada kuartal II 2020 sektor pertanian menjadi penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia dengan pencapaian 16,24 persen (q to q). Baca Juga: Apresiasi Kementan untuk DIY yang Telah Menyalurkan 309.180 Kartu Tani Padahal, pandemi Covid-19 belum juga usai dan sejumlah sektor lain pun masih cenderung terpuruk di tengah pertumbuhan ekonomi Indonesia turun sampai 4,19 persen (q to q) dan 5,32 persen (y-o-y). Selain itu Nilai Tukar Petani (NTP) periode September 2020 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, kenaikan terjadi sebesar 101,66 jika dibandingkan dengan NTP Agustus 2020 yang sebesar 100,65. (cuy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy