Prodi S3 Ilmu Manajemen Optimis Raih Akreditasi A – Kendari Pos
Edukasi

Prodi S3 Ilmu Manajemen Optimis Raih Akreditasi A

Suasana proses reakreditasi Prodi Program Doktor Ilmu Manajemen UHO secara Daring, akhir pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Mengantongi akreditasi A menjadi impian bagi Program Studi (Prodi) di Perguruan Tinggi (PT), tak terkecuali Prodi Program Doktor (S3) Ilmu Manajemen Universitas Halu Oleo (UHO). Selain terkait dengan pengakuan kelayakan pendidikan, akteditasi A juga berdampak kualitas alumni Prodi tersebut.

Tak heran, setiap Prodi/jurusan atau lembaga pendidikan berupaya mengantongi nilai akteditasi maksimal (A) dengan berbagai upaya. Hal ini pula yang diharapkan bisa dicapai Prodi S3 Ilmu Manajemen UHO, saat
proses reakreditasi yang berlangsung pekan lalu.

Kepala Prodi Doktor Manajemen, Prof. Dr. Samdin, SE., M.Si., mengungkapkan bahwa reakreditasi yang dilakukan Prodi Doktor Manajemen bertujuan untuk meningkatkan akreditasi yang saat ini telah berstatus B menjadi A. Berbagai persiapan telah dilakukan guna memperoleh akreditasi A. Dimulai dari penyusunan dan pengiriman borang reakreditasi hingga asesmen lapangan yang dilakukan secara daring dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Untuk penyusunan borangnya telah dilakukan sejak tahun lalu. Kemudian diawal tahun 2020 panitia reakreditasi Prodi Diktor Manajemen mengirimkan borang kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” terangnya.

Prof. Samdin juga menyampaikan, dengan berbagai proses yang telah dilalui dengan persiapan yang matang. Pihaknya optimis bisa meraih akreditasi A sesuai dengan target yang telah ditentukan. “Setelah tahapan reakreditasi selesai, saat ini kita tinggal menunggu hasilnya. Kurang lebih satu bulan hasil reakreditasinya sudah akan keluar, tentu dengan harapan yang kita kehendaki,” tuturnya.

Diakuinya, masa kedaluwarsa akreditasi B yang telah dikantongi Prodi Doktor Manajemen baru akan berakhir 2 tahun lagi. Namun, melihat peluang yang ada diyakini mampu meningkatkan status akreditasi menjadi lebih baik. Diantaranya, peningkatan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dosen yang cukup banyak, hingga tenaga dosen yang dimiliki kurang lebih 60 persen telah berstatus sebagai lektor kepala.

“Saat ini, kita telah memiliki alumni yang mencapai 74 alumni, yang tersebar di Sultra maupun di layar Sultra,” jelasnya.

Lanjut dia, dengan peningkatan akreditasi bisa mendorong para mahasiswa lebih semangat menempuh studinya, khususnya untuk meningkatkan minat mahasiswa untuk melanjutkan studi di Prodi Doktor Manajemen UHO. Bukan hanya mahasiswa yang berasal dari Sultra namun juga berasal dari luar provinsi.

“Saat ini jumlah mahasiswa baru kita di tahun 2020 ini berjumlah 30 orang. Satu orang mahasiswa kami bahkan ada yang berasal dari Universitas Indonesia (UI). Tentu ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Prodi S3 Manajemen UHO,” pungkas Guru Besar di Fakultas Ekonomi Bisnis UHO tersebut. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy