Potensi Perikanan Tangkap Menjanjikan, Pemkot Kendari Minta Pendampingan KKP – Kendari Pos
Metro Kendari

Potensi Perikanan Tangkap Menjanjikan, Pemkot Kendari Minta Pendampingan KKP

(Depan) Ketua Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan, Rokhmin Dahuri diapit Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dan Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan saat meninjau pelelangan ikan.

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi sumber daya laut Kota Kendari cukup besar. Berdasarkan data Dinas Kelautan Kota Kendari, hasil tangkapan mencapai 90 ton perhari berupa gurita, udang venamei, sottong, cakalang dan jenis ikan lainnya. Rinciannya, sebanyak 75 ton berhasil didaratkan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari dan 15 ton di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kendari.

Melihat potensi itu, Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain yakin sektor perikanan mampu menggairahkan kembali perekonomian daerah yang terdampak Covid-19. Oleh karena itu, Pemkot menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI untuk berkolaborasi dalam rangka mengakselerasi proses pembangunan dari sektor perikanan.

Sebagai langkah awal, Pemkot Kendari menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama Ketua Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan RI Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS di Swiss-Belhotel Kendari, pekan lalu.

“Ini adalah satu wujud kesungguhan Pemerintah Kota Kendari dalam membangun sinergitas dan kolaborasi di berbagai pihak, mudah-mudahan dengan niat ini pada akhirnya nanti kita bisa mewujudkan harapan-harapan masyarakat Kota Kendari, tentu ini akan menjadi prestasi dari hasil kerja keras kita bersama.” kata Sulkarnain.

Lanjut dia, pihaknya terus mencoba untuk merangkai kembali potensi maritim yang ada di Kota Kendari, sehingga dengan berkolaborasi dengan KKP merupakan langkah tepat yang harus dilakukan.

“Untuk itu, kita harus bersinergi, bergandengan tangan, dan membangun komunikasi dengan semua pihak termasuk KKP. Selama kita punya semangat, punya harapan dan keinginan yang kuat dalam mewujudkan sesuatu untuk masyarakat kita di Kota Kendari, saya rasa sangat mungkin untuk kita bisa mewujudkan harapan itu.” tuturnya.

Ketua Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan RI Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS menyebutkan sektor kelautan Kota Kendari berpotensi mendorong pembangunan. Apalagi laut Kendari menjadi wilayah persinggahan para pelaut dari Eropa maupun nusantara sejak abad ke-18, pusat pemerintahan (ibukota) provinsi, dan pintu gerbang menuju Kab /Kota di Provinsi Sultra. “Sektor Keunggulan pembangunan kota Kendari adalah pertanian, perikanan, industri dan perdagangan, dan pariwisata,” ungkapnya.

Ia lalu menguraikan analisis SWOT pembangunan Kota Kendari, mencakup kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities) dan ancaman (Thereats). Rahmin turut menjabarkan peta jalan pembangunan Kota Kendari yang Smart, Clean, Beautiful, Prosperous dan takwa.

Untuk Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) lanjut Rokhmin, minimal 30 persen total wilayah Kota Kendari untuk kawasan lindung. Sementara 70 persen diperuntukan untuk kawasan pembangunan seperti industri, pertanian, perikanan, pariwisata dan pemukiman. Hal ini sesuai Undang-undang (UU) nomor 26 tahun 2007 tentang Perencanaan Tata Ruang.

Di sisi lain, struktur dan pola ruang wilayah harus mampu memfasilitasi semua kegiatan ekonomi dan kehidupan manusia berjalan secara produktif, efisien, mudah, nyaman, aman, sehat dan membahagiakan.

Dalam lawatannya di Kota Kendari, Prof Rokhmin Dahuri tak sendiri. Ia didampingi oleh para direktur KKP. Yakni, dari Direktorat PRL, Muhammad Yusuf (direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil), Direktorat Perikanan Tangkap, Dr. Ady Candra (kepala Subdit Pelabuhan Perikanan Pantai) dan Direktorat Pengembangan Daya Saing, Machmud SPi, MSc (direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan). (b/ags)

Hasil Tangkapan Laut

  1. 90 Ton Perhari
    -75 Ton di PPS
    -15 Ton di TPI
  2. Tangkapan Laut
    -Gurita
    -Udang Venamai
    -Sottong
    -Cakalang
    -Jenis Ikan Lainnya
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy