Potensi Perikanan Buton Dilirik Investor Korea – Kendari Pos
Nasional

Potensi Perikanan Buton Dilirik Investor Korea


KENDARIPOS.CO.ID — Publik mungkin hanya tahu Kabupaten Buton terkenal dengan aspalnya. Padahal, wilayah Bupati La Bakry itu punya potensi kekayaan kelautan dan perikanan. Lobster, kepiting dan ikan yang melimpah menjadi sektor unggulan Pemkab Buton.

Bupati Buton La Bakry (tiga dari kiri), Wakil Bupati Buton Iis Elianti (tiga dari kanan) mendampingi investor asal Korea Selatan melihat langsung potensi perikanan Buton di Kecamatan Lasalimu.

Duet Bupati Buton La Bakry dan Wakil Bupati Buton, Iis Elianti ingin kemajuan Kabupaten Buton lebih signifikan dan sektor ekonomi terus bertumbuh. Keduanya membuka keran
investasi. Tak hanya investasi domestik, investasi asing pun diberi ruang seluas-luasnya.

Pemerintah Kabupaten Buton juga sudah menggagas pengembangan sentra industri perikanan di Kecamatan Lasalimu. Pembangunan pelabuhan perikanan sudah dirancang, pemberian bantuan kapal ikan bagi nelayan juga sudah diusulkan ke kementerian. Kelak, setelah terintegrasi dengan berbagai fasilitas akan disebut dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Meski baru digagas, konsep itu rupanya sudah mulai dilirik oleh investor asing. Investor asal Korea Selatan menyambangi Kabupaten Buton, akhir pekan lalu. Kedatangan mereka disambut Bupati Buton La Bakry dan wakilnya Iis Elianti. Investor menjejak tanah Buton untuk melihat langsung potensi perikanan. Bupati La Bakry mengajak tamunya meninjau pelabuhan Pasarwajo dan pelabuhan Malauge di Kecamatan Lasalimu. “Kedatangan investor ini tak lain untuk melihat-lihat dulu. Ini masih penjajakan, mana tahu kita bisa kerja sama ke depannya,” kata Bupati Buton La Bakry, akhir pekan lalu.

Lebih jauh, La Bakry menuturkan investor meninjau lokasi rencana pembangunan dermaga terapung atau floating dock. Sebab selama ini nelayan kesulitan karena harus menyesuaikan dengan pasang surut air laut untuk menepi ke dermaga yang ada.
“Sekaligus juga dalam rangka pembangunan floating dock untuk keperluan baik umum maupun wilayah, juga untuk kapal-kapal nelayan agar kedepan tidak kesulitan lagi,” kata La Bakry didampingi Wakil Bupati Buton, Iis Elianti.

Masih kata Ketua DPD Golkar Buton ini, setelah ini akan ada kunjungan berikutnya. Investor tak lagi datang sendiri, melainkan akan membawa tim teknis untuk mempelajari lebih lanjut peluang kerja sama tersebut. “Setelah suasana Covid-19 mereda tim teknis akan datang bersama mereka (investor-red),” pungkas La Bakry. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy