PKS Usulkan Asrin Gantikan Rasyid – Kendari Pos
Politik

PKS Usulkan Asrin Gantikan Rasyid

KENDARIPOS.CO.ID — Rasyid melepas statusnya sebagai anggota DPRD Sultra karena berlaga di Pilkada Konawe Selatan (Konsel). Kursi Rasyid di parlemen akan diisi oleh calon anggota legislatif dari PKS, peraih suara terbanyak kedua saat Pilcaleg 2019. Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PKS Sultra mengusulkan Asrin ke DPRD Sultra sebagai pengganti Rasyid. Hal tersebut sesuai keputusan internal partai, mengikuti ketentuan regulasi yang telah digariskan.

Yaudu Salam Ajo

Plt Ketua DPD PKS Sultra Yaudu Salam Ajo mengatakan, indikator utama pengajuan Asrin sebagai pengganti Rasyid merujuk pada perolehan suara terbanyak kedua saat pilcaleg 2019. Rasyid dan Asrin, sama-sama maju di dapil dua Sultra yakni Konsel-Bombana. “Selanjutnya tinggal menunggu hasil verifikasi dan keputusan KPU atas nama yang diusulkan,”kata Yaudu Salam Ajo kepada Kendari Pos, Minggu (11/10).

Sementara itu, Kabag Humas Protokoler dan Persidangan DPRD Sultra Andi Raja mengaku telah menerima surat dari PKS.

Terpisah, Ketua KPU Sultra Abdul Natsir Muthalib menyampaikan proses penetapan nama PAW Rasyid sedang berlangsung. Berjalan selama lima hari kerja setelah surat permintaan nama pengganti dari DPRD Sultra 8 Oktober lalu. “Setelah lima hari kerja, baru kami plenokan. Kemudian hasilnya akan diserahkan ke Gubernur untuk disampaikan ke Kemendagri,” argumen Ojo-sapaan La Ode Abdul Natsir Muthalib.

Penetapan nama PAW Rasyid, sambung Ojo, akan ditentukan melalui tiga dasar utama. Pertama, kandidat tersebut berada pada dapil yang sama dengan Rasyid saat pilcaleg. Kedua, berasal dari partai yang sama. Ketiga, memperoleh suara terbanyak kedua setelah Rasyid.

“Tiga indikator tersebut merupakan landasan utama dalam melakukan verifikasi kandidat PAW. Jika memenuhi semua syarat tersebut, maka yang bersangkutan berpotensi akan terpilih untuk ditetapkan sebagai PAW Rasyid,”tandasnya. (m6/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy