Pinjaman Rp.389 Miliar Disetujui, Pembangunan RS Jantung Tahap II Berlanjut – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pinjaman Rp.389 Miliar Disetujui, Pembangunan RS Jantung Tahap II Berlanjut

KENDARIPOS.CO.ID — Impian Gubernur Sultra Ali Mazi membangun Rumah Sakit Jantung dan pembuluh darah perlahan terwujud. Tahun depan, RS Jantung karya Ali Mazi tuntas di bangun. Konstruksi 4 lantai yang sudah terbangun akan kembali dilanjutkan. Lantai 5 hingga 17 diprediksi tuntas tahun 2021 setelah proses pinjaman daerah disetujui PT.Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Direktur Utama PT. SMI, Edwin Syahruzad meneken Memorandum of Understanding (MoU) di Jakarta, Jumat (23/10) kemarin. PT.SMI memberi pinjaman kepada Pemprov Sultra sekira Rp.389 miliar untuk melanjutkan pembangunan RS Jantung.

Gubernur Sultra, Ali Mazi (tengah) dan Direktur Utama PT. SMI, Edwin Syahruzad (kanan) usai meneken Memorandum of Understanding (MoU) pinjaman daerah sebesar Rp.389 miliar di Jakarta, Jumat (23/10) kemarin. Gubernur didampingi Sekda Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas (dua dari kiri), Kepala Bapenda Sultra, Yusuf Mundu (dua dari kanan), Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul (belakang, kiri), dan Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra, Abdul Rahim (belakang, dua dari kanan).

Dalam penandatanganan MoU, Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Sekda Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas, Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul, Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra, Abdul Rahim serta Kepala Bapenda Sultra, Yusuf Mundu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra, J. Robert mengatakan setelah melalui proses panjang akhirnya MoU pinjaman daerah diteken. “Alhamdulillah hari ini (kemarin, red) kita dari Pemprov Sultra menandatangani MoU bersama PT.SMI. Ini terkait perjanjian untuk kelanjutan pembangunan RS Jantung,” ujarnya Robert saat dihubungi Kendari Pos, Jumat kemarin.

Robert melanjutkan, MoU ini sebagai titik puncak dalam pinjaman di PT. SMI. “Setelah MoU tuntas, kita akan langsung serahkan kepada OPD yang berwenang. Sehingga mereka bisa segera melanjutkan proses lelang dan proses lainnya. Ini berarti pembangunan RS Jantung segera dilanjutkan,” kata Robert.

RS Jantung ini nantinya akan menjadi rujukan di pasien di kawasan Indonesia timur. “RS Jantung ini yang terbesar dan akan menjadi rujukan untuk wilayah Timur Indonesia, sehingga masyarakat tak perlu jauh-jauh untuk memeriksakan penyakit jantung. Insya Allah ini akan sangat bermanfaat. Makanya kita juga bakal kebut semua prosesnya, sesuai instruksi gubernur,” tegas Robert.

Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengatakan, usai MoU diteken, pihaknya akan melanjutkan proses lelang proyek RS Jantung. “Kita beryukur hari ini (kemarin, red) kita sudah teken MoU dengan PT.SMI. Saat ini kita tinggal melanjutkan proses lelangnya. Bahkan seluruh berkas untuk lelang tahap II telah siap. Kita tinggal lelang saja,”ujarnya, kemarin.

Pahri menjelaskan tahap II pembangunan RS Jantung ini adalah kelanjutan pembangunan konstruksi lantai 5 hingga 17. Proyek ini dikerjakan dengan skema multiyears hingga 2021. “Target kita tahun 2021 semua sudah rampung. Sehingga nanti jika pekerjaan selesai akan langsung diserahkan kepada Dinas Kesehatan selaku instansi pengelola. Kita optimis, target ini bisa direalisasikan sesuai target, ” pungkasnya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy