Pesantren Mampu Cegah Sebaran Covid-19 – Kendari Pos
Kolaka Utara

Pesantren Mampu Cegah Sebaran Covid-19


KENDARINEWS.COM — Menteri Agama (Menag) RI, Fachrul Razi, berpendapat, pesantren menjadi entitas yang rentan dengan persebaran Covid-19. Hal itu disampaikan dalam moment Hari Santri yang tahun ini mengangkat tema “Santri Sehat Indonesia Kuat” di kantor Kemenag Kolut. Sambutannya dibacakan langsung Bupati, Nur Rahman Umar, Kamis (22/10).

Momentum Hari Santri yang tahun ini mengangkat tema “Santri Sehat Indonesia Kuat” di kantor Kemenag Kolut, kemarin dan turut dihadiri Bupati, Nur Rahman Umar (keempat dari kanan).

Keseharian dan pola komunikasi para santri yang terbiasa berjarak antara satu dengan yang lainnya merupakan modal komunikasi Islami, unik dan khas. “Sekaligus rentan terhadap penularan virus,” ungkapnya.
Namun tidak bisa dimungkiri jika terdapat beberapa pesantren yang mampu melakukan pencegahan sebagai bukti jika di tempat itu memiliki kemampuan menanggulangi di tengah keterbatasan fasilitas yang dimiliki. “Modal utama santri adalah tradisi kedisiplinan, keteladanan dan kehati-hatian yang diajarkan para kiai dan pimpinannya,” papar Fachrul Razi dikutip Bupati Kolut, Nur rahman Umar.

Terkait upaya pencegahan Covid-19 pada lingkup pesantren di Kolut, Nur Rahman Umar mengaku telah menyosialisasikan protokol kesehatan lebih dini. Sejauh ini belum ada pesantren di wilayahnya jadi sumber penyebaran. “Ada sembilan pesantren di Kolut dan semua terkendali. Kami imbau tetap komitmen melakukan pencegahan dan itu merupakan bagian dalam upaya membantu kami menangani penyebaran wabah,” apresiasinya dalam seremoni yang turut dihadiri Wabup, H. Abbas dan para Forkopimda hingga sejumlah pengurus pesantren di Bumi Patowonua itu.

Kemenag Kolut, H. Baharuddin menyebutkan dari sembilan pesantren setidaknya membina sekitar 1.562 santri. Masih ada dua pondok lagi yang rencana memgajukan izin pendirian namun baru dalam bentuk lisan. “Sebelum peringatan Hari Santri diawali pengajian dan zikir di masing-masing pondok. Belum semua santri masuk pondok saat ini karena masih dibatasi jumlahnya,” pungkasnya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy