Persiapan Asesmen Nasional 2021, Dikmudora Kendari Salurkan Bantuan Komputer ke Sekolah – Kendari Pos
Edukasi

Persiapan Asesmen Nasional 2021, Dikmudora Kendari Salurkan Bantuan Komputer ke Sekolah

Makmur, M.Pd.


KENDARIPOS.CO.ID —- Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang meniadakan Ujian Nasional dan menggantinya dengan Asesmen Nasional secara online tahun 2021, mulai ditindaklanjuti daerah dengan melakukan persiapan.

Persiapan Asesmen Nasional di Kota Kendari juga mulai dioptimalkan. Melalui Dikmudora Kendari, bantuan komputer disalurkan ke sejumlah sekolah. Plt. Kadis Dikmudora Kendari, Makmur, M.Pd., mengungkapkan pelaksanaan Asesmen Nasional tahun depan sudah harus disiapkan perangkatnya.

“Saat ini, berbagai peralatan pelaksanaan Asesmen Nasional, seperti penyediaan komputer dalam proses pengadaan. Sebelumnya Kita sudah salurkan sejumlah sarana, mulai dari komputer, jaringan Wi-Fi, sampai kepada operatornya di tingkat SD. Ini dilakukan secara bertahap, tidak bisa dilakukan secara menyeluruh, tentu hal-hal begini akan dimaksimalkan ke depannya,” ungkap Makmur, kemarin.

Diakuinya, pelaksanaan Asesmen Nasional ini memiliki poin-poin yang ditonjolkan, tentunya untuk pengembangan serta peningkatan kualitas maupun kuantitas menuju peningkatan mutu pendidikan yang lebih baik.

“Dalam Asesmen Nasional, ada tiga bentuk penekanan yang harus dipenuhi yaitu, ada Asesmen literasi dan numerasi, ini peningkatan kemampuan membaca dan menulis, kemudian survei karakter peserta didik yang nantinya disesuaikan dari Kemendikbud, dan yang terakhir itu ada survei lingkungan belajar, mulai dari kepala sekolah, guru, dan juga siswa. Dilakukan pemetaan untuk kemajuan dunia pendidikan,” tambahnya.

Lanjut dia, untuk yang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), ini akan sangat efektif karena lebih fokus pada pemantauan sistem belajar, sehingga ke depannya bisa dinilai untuk peningkatan metode pembelajaran.

“AKM hanya akan diperuntukkan bagi siswa yang akan disurvei mengenai karakter belajar mereka, bagaimana pelaksanaan selama proses belajar, sikap serta perilaku mereka itu seperti apa. Setelah dilakukan, tentu sudah bisa diketahuiblangkah selanjutnya untuk meningkatkan kualitas belajar,” tutup Makmir. (m5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy