Peringati Hari jadi Secara Virtual, Gubernur Sultra : TNI Berkontribusi Membangun Daerah – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Peringati Hari jadi Secara Virtual, Gubernur Sultra : TNI Berkontribusi Membangun Daerah

KEDNARIPOS.CO.ID — Sederhana. Namun tetap khidmat. Begitulah suasana perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2020 yang digelar secara nasional melalui virtual. Peringatan hari jadi TNI tersebut di daerah-daerah dilaksanakan terbatas karena pandemi covid-19. Untuk Sultra, upacara HUT TNI dilaksanakan di Rujab Gubernur Sultra yang dipimpin Gubernur Sultra Ali Mazi. Dihadiri Danrem 143 Haluoleo Brigjen TNI Jannie A. Siahaan, Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb Muzafar, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, dan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) untuk mengikuti kegiatan yang sama secara nasional. Hadir pula dalam upacara tersebut, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir.

Dilakukan di tengah pandemi, upacaya yang digelar secara virtual menerapkan protokol kesehatan ketat. Tidak hanya memakai masker, dan menjaga jarak, tapi juga setiap tamu undangan hingga awak media diwajibkan menjalani rapid test terlebih dahulu. HUT ke 75 TNI mengangkat tema “Sinergi untuk Negeri” sangat relevan dengan kondisi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Sultra. Kekompakan TNI AD-TNI AU-TNI AL dengan Polda Sultra, Pemprov Sultra, DPRD Sultra, Kansar Kendari, BNNP Sultra, kejaksaan, Kanwil Kemenkumham serta institusi lainnya begitu erat. Mereka bahu-membahu dalam menghadapi persoalan yang terjadi. Termasuk dalam mengatasi pandemi covid-19 ini.

Gubernur Sultra Ali Mazi (tengah, depan) bersama jajaran forkopimda dan Wali Kota Kendari melaksanakan upacara peringatan HUT ke 75 TNI melalui virtual, di Rujab Gubernur Sultra, Kendari, Senin (5/10).

Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasinya terhadap para prajurit TNI yang telah berbakti untuk kemajuan NKRI. “Perjalanan panjang TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara, penjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,” ungkap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap, sinergi dan kerja sama yang dilakukan TNI dengan berbagai elemen bangsa adalah kunci untuk membangun kekuatan pertahanan. “Sinergi adalah kunci untuk membangun kekuatan pertahanan yang semakin kokoh dan efektif,” ujarnya.
Jokowi menambahkan, dalam menghadapi kondisi dunia yang berubah dan bergerak dinamis, diperlukan transformasi dalam organisasi TNI.

“Transformasi organisasi TNI harus terus dilakukan sesuai dengan dinamika lingkungan strategis sesuai dengan dinamika ancaman, dan sesuai dengan perkembangan teknologi militer,” ucapnya. Usai upacara HUT TNI secara virtual, Gubernur Sultra Ali Mazi didaulat memotong tumpeng HUT ke 75 TNI. Potongan tumpeng tersebut diserahkan kepada Danrem 143 Haluoleo Brigjen TNI Jannie A. Siahaan.

Ali Mazi mengungkapkan, TNI memiliki peranan besar dalam mendukung kemajuan daerah Sultra, bangsa dan negara. Tak hanya membantu untuk membangun, tapi juga membereskan persoalan. Utamanya saat ini, dalam melawan pandemi Covid-19. “TNI sangat dibutuhkan perannya saat ini,” ujarnya usai upacara di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, kemarin.

Politisi NasDem ini menambahkan, sesuai arahan Presiden Jokowi, sinergi antar stakeholder terkait harus diperkuat guna menjadi kekuatan melawan berbagai macam ancaman. “Kita harus bekerja sama melawan Covid-19. Baik TNI, Kejaksaan, Polri, Pemerintah maupun masyarakat,” harapnya.

Mantan Politisi Golkar ini menegaskan, pemerintah daerah berkomitmen mendukung berbagai langkah dan upaya TNI, dalam rangka meningkatkan kualitas prajurit TNI. Ini demi memaksimalkan pelaksanaan berbagai peran strategis di daerah. “Itu semua demi mendorong percepatan pembangunan daerah, dalam rangka mewujudkan Sultra aman, maju, sejahtera dan bermartabat,” terangnya.

Danrem 143 Haluoleo Brigjen TNI Jannie A. Siahaan menjadikan momentum HUT ke-75 TNI untuk semakin berkhidmat kepada rakyat, bangsa dan negara. Terutama dalam situasi pandemi covid-19 seperti sekarang, TNI juga harus turut andil dalam pencegahannya. “TNI akan selalu bersama rakyat dan menjaga kedaulatan bangsa dan negara,” tegasnya.

Sulkarnain Apresiasi Peran TNI

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dilaksanakan secara virtual di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, kemarin. Kendati dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, upacara tetap berlangsung khidmad dan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Sulkarnain mengaku, keberadaan TNI sangat penting bagi negara. Mengingat TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga kedaulatan negara. “Peran TNI sangat penting dalam mempertahankan NKRI. Terutama dalam menjaga ideologi bangsa, Pancasila. Itu tidak bisa ditawar. Terima kasih TNI sudah menjaga rakyat dan menjaga NKRI,” kata Sulkarnain.

Ia pun mengapresiasi peran TNI dalam mempercepat proses penanganan wabah Covid-19 di Kota Kendari. “Bersama satgas, TNI sangat responsif membantu pemerintah dalam memerangi virus korona. Kita patut apresiasi. Semoga TNI bersama rakyat dan pemerintah bisa bersinergi membangun bangsa ini. Terutama membebaskan bangsa ini dari belenggu Covid-19,” harapnya. (b/rah/yog/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy