Penjualan Perumahan Turun 50 Persen – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Penjualan Perumahan Turun 50 Persen

Perumahan SPP Ranomeeto Regency IV, Kendari, Sulawesi Tenggara.

KENDARIPOS.CO.ID — Dampak dari pandemi Covid-19 sangat dirasakan para developer yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) Sulawesi Tenggara (Sultra). Data REI Sultra menunjukkan bahwa penjualan perumahan menurun signifikan hingga 50 persen.

“Biasanya di bulan September realisasi sudah mencapai 3.000 an unit. Namun saat ini daya beli sangat rendah. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, penurunannya sampai 50 persen,” ungkap Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) REI Sultra, Iwan Setiawan, kemarin.

Berbagai langkah antisipasi dilakukan REI agar sektor properti di Sultra tidak mati. Di antaranya mengadakan berbagai promo, menghadirkan kemudahan layanan, serta bersinergi dengan bank pelaksana kredit perumahan rakyat (KPR).

“Kami bersinergi dengan Bank BTN dan bank lainnya termasuk Artha Graha dalam memasarkan produk perumahan dari REI. Bank BTN memiliki banyak program. Salah satunya KPR Patriot khusus untuk TNI dan Polri,” imbuhnya.

Dijelaskan, realisasi penjualan dari Januari hingga September 2020 baru mencapai 60 persen dari total target 3.000 unit hingga akhir tahun. Penjualan tersebut sudah termasuk rumah subsidi dan komersial. Adapun konsumen perumahan REI saat ini didominasi pelaku UMKM dan masyarakat umum.

Ia berharap agar pemerintah memberikan program relaksasi yang benar-benar tepat sasaran dan dapat dirasakan manfaatnya oleh para pengembang. Sebab, dari total 200 perusahaan pengembang yang tergabung dalam REI, hanya sekira 80 perusahaan yang aktif membangun.

“Kami berharap ada kebijakan relaksasi dan kemudahan-kemudahan. Relaksasi bisa berupa uang muka 0 persen dan kemudahan dalam pengambilan KPR. Sejauh ini program relaksasi belum begitu kami rasakan manfaatnya,” bebernya.

Iwan juga menyebut bahwa tahun ini REI surplus pembangunan perumahan kelas subsidi hingga 400 unit. Ia berharap semuanya bisa terjual sampai akhir tahun.

“Kami tetap optimis target penjualan perumahan dapat tercapai,” pungkasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy