Pengerjaan Outer Ringroad Ditarget Tuntas 2021 – Kendari Pos
Metro Kendari

Pengerjaan Outer Ringroad Ditarget Tuntas 2021

KENDARIPOS.CO.ID — Pengerjaan proyek infrastruktur di Kota Kendari harus ditunda. Wabah pandemi menyebabkan Pemkot Kendari harus rela mengalihkan anggaran yang telah dialokasikan untuk penanganan covid-19. Tahun 2021, pemerintah membuka peluang melanjutkan proyek yang sempat tertunda. Salah satunya pembangunan outer ringroad atau jalan lingkar luar Kota Kendari.

Pemkot Kendari kembali akan melanjutkan proyek pengerjaan outer ringroad tahun 2021. Progres proyek senilai Rp 422 miliar ini telah mencapai 40 persen. Tampak truk kendaraan mengangkut tanah hasil keruk exavator beberapa waktu lalu.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan progres pembangunan jalan lingkar luar sudah mencapai 40 persen. Namun tahun ini harus ditunda pembangunan jalan sepanjang 40 kilometer (km) akibat pandemi corona. “Pembiayaannya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Untuk sementara ditunda lantaran dananya direfocusing untuk penanganan covid-19,” ungkap Sulkarnain Kadir, kemarin.

Pembangunan outer ringroad kata dia, akan dikebut. Pasalnya, proyek ini menjadi salah satu program yang menjadi priorotas Pemkot Kendari. Makanya, pemerintah akan mengalokasikan anggarannya tahun 2021. “Meski sempat mengalami penundaan, pembangunan outer ringroad akan dituntaskan tahun depan,” kata Sulkarnain.

Ketua DPC PKS Kota Kendari itu menambahkan jalan lingkar luar ini nantinya akan menggenjot perekonomian di ibukota provinsi ini. Apalagi saat ini Kendari New Port (KNP) di Bungkutoko telah beroperasi. Selain itu, pembangunan Jembatan Teluk Kendari telah rampung dan akan segera diresmikan.

“Nanti semua saling terhubung mengelilingi Kota Kendari. Melewati kawasan industri, perkotaan, hingga kawasan pesisir dan pariwisata. Saya yakin ekonomi kita akan tumbuh pesat dengan jalan ringroad ini. Dan yang paling penting bisa mengurangi kemacetan dikarenakan seluruh kendaraan roda banyak diwajibkan berada pada jalur Ringroad dan bukan dijalan kota,” kata Sulkarnain. (b/ags)

Proyek Outer Ringroad
-Anggaran Rp 422 Miliar
-Pembiayaan APBD Multi Years

Estimasi Proyek Panjang Anggaran Progres
Jembatan Kuning-Tobimeita 3,6 Km Rp 58 Miliar 40 Persen
Jalan Batas Kota-Tabanggele 2,9 Km Rp 74 Miliar 39 Persen
Jalan Simpang Tiga (P2ID) 5,5 Km Rp 90 Miliar 39 Persen
Tobi Meita – Jalan Haluoleo 5,6 Km Rp 90 Miliar 52,5 Persen
Jalan Bungkutoko-KNP 1,3 Km Rp 60 Miliar 53 Persen
Jalan Akses KNP -Nambo 1,4 Km Rp 50 Miliar 37,2 Persen

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy