Pengembangan Bibit Sapi Bali di Konsel Terus Dioptimalkan – Kendari Pos
Konawe Selatan

Pengembangan Bibit Sapi Bali di Konsel Terus Dioptimalkan


KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Balai Besar Veteriner Maros mendorong peningkatan sumber bibit sapi Bali di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Untuk mewujudkan upaya itu, digelar sosialisasi strategi peningkatan pelayanan kesehatan hewan.

Kepala Balai Veteriner Maros, Risman Mangidi, mengungkapkan, sosialisasi tersebut sebagai terobosan untuk mengoptimalisasi pengelolaan sumber bibit sapi Bali di wilayah Konsel. “Sejak tahun 2016, daerah ini ditetapkan sebagai pusat sumber bibit sapi Bali nasional. Ini juga merupakan upaya Pemkab dibawah kepemimpinan Bupati, H. Surunuddin Dangga dan Arsalim Arifin dalam mendorong pengembangan populasi sumber bibit sapi Bali. Namun selama tiga tahun terakhir kami melihat masih vakum, sehingga melalui inisiatif ini kita akan dorong pengembangannya,” papar Risman Mangidi, kemarin.

Plt Bupati Konsel, H. Arsalim Arifin (ketiga dari kiri) bersama Ketua DPRD, Irham Kalenggo (tiga dari kanan) dan Kepala Balai Veteriner Maros, Risman Mangidi (kedua dari kiri) usai melaksanakan sosialisasi strategi peningkatan pelayanan kesehatan hewan.

Semua harus didukung dengan sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemkab Konsel. “Karena tidak akan mungkin menghasilkan bibit sapi berkualitas tanpa ada sinergi keduanya. Sehingga sebagai langkah awal, kita melaksanakan sosialisasi strategi dan optimalisasi. Kami akan memberikan pendampingan pelayanan kesehatan hewan,” jelasnya. Risman berharap Pemkab Konsel dapat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkompeten pada bidang peternakan. Juga perlu ada regulasi dan dukungan ketersediaan anggaran melalui dinas terkait.

Sementara itu, Plt Bupati Konsel, H. Arsalim Arifin, mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi terobosan yang dilaksanakan Dirjen Peternakan Hewan Kementan melalui Balai Besar Veteriner Maros.
“Pengembangan bibit sapi nasional ini merupakan program strategis Pemkab dalam mewujudkan Konsel sebagai lumbung bibit sapi nasional. Telah kami canangkan bersama bapak Bupati, H. Surunuddin Dangga hingga akhirnya Konsel ditetapkan oleh Kementan sebagai sentra bibit sapi Bali nasional. Untuk kelanjutan peningkatan itu, kita bekerja sama dengan Pemerintah Pusat dalam pendampingan SDM dan teknologi pembibitan serta kesehatan hewan,” timpalnya.

Untuk wilayah Timur, bibit sapi Bali di Konsel sudah dikirim dan terjual ke beberapa wilayah Sulawesi dan Kalimantan. “Kami harapkan ada pemenuhan kebutuhan protein hewani yang berkesinambungan. Dengan demikian produksi bibit sapi berkualitas dapat meningkat dan bisa mendorong kesejahteraan ekonomi masyarakat khususnya peternak sapi di Konsel,” harapnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy