Pengelolaan Jaga Kendari Diserahkan ke Disdukcapil – Kendari Pos
Metro Kendari

Pengelolaan Jaga Kendari Diserahkan ke Disdukcapil

KENDARIPOS.CO.ID — Pemkot Kendari berkomitmen menghadirkan pelayanan yang prima bagi masyarakat. Oleh karena itu, Pemkot menghadirkan inovasi aplikasi Jaga Kendari (Jari) yang diinisiasi Inspektorat Kendari. Layanan ini diharapkan mampu mengefektifkan layanan administrasi kependudukan sehingga terbebas dari perilaku suap, pungli dan gratifikasi (SPG).

Guna lebih memaksimalkan aplikasi, Inspektorat Kota Kendari telah menyerahkan sistem pengoperasian aplikasi kepada Disdukcapil Kota Kendari. Aplikasi diserahkan langsung Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin kepada Kepala Disdukcapil Kota Kendari Asni Bonea dan disaksikan langsung oleh Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir.

Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin mengaku pihaknya masih berupaya melakukan sosialisasi agar seluruh masyarakat bisa tahu tentang aplikasi ini. Ia pun Syarifuddin tak menampik, masih terdapat beberapa kekurangan dalam aplikasi. Namun pihak akan terus berupaya menyempurnakan fitur yang tersemat dalam aplikasi. Termasuk mengedukasi operator sistem.

“Kami melakukan transfer pengetahuan tentang cara pengoperasian aplikasi ke petugas Disdukcapil. Kami harap seluruh petugas di disdukcapil sudah mendownload aplikasi dan mampu mengajarkan kepada masyarakat serta mempermudah tugas-tugas pelayanan adminduk capil,” kata Syarifuddin.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Kendari, Asni Bonea mengaku akan memaksimalkan layanan aplikasi Jari dalam pelayanan adminduk. Asni mengakui hadirnya aplikasi jari beberapa pekan terakhir membantu pihaknya dalam melayani masyarakat yang hendak mengurus adminduk di disdukcapil.

“Dengan Jari, masyarakat bisa menyesuaikan waktu datang sesuai nomor antrian. Lebih tertib dan tentunya ini salah satu langkah mencegah penularan Covid-19 karena mengutamakan antrian,” kata Asni Bonea.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir berharap, layanan Jari bisa menjadi pendorong agar layanan di Disdukcapil bisa lebih baik. Dengan begitu, hasil evaluasi layanan yang mendapat nilai C dari pemerintah pusat bisa diperbaiki. Meskipun ukuran penilaian dari pemerintah pusat bukan menjadi tujuan, namun yang paling penting masyarakat merasakan kehadiran pemerintah saat dibutuhkan.

Program Jari ini merupakan upaya Pemkot Kendari membangun sistem yang baik. Sebab selama ini layanan di disdukcapil banyak dikeluhkan masyarakat. “Bangun sistem yang baik, siapapun pasti akan mengikuti. Salah satu ukuran sistem itu baik, yang pertama transparan, harus diketahui oleh pengguna jasa, manfaatkan teknologi, mudah diakses, bisa dipertanggung jawabkan,” tambahnya.

Selain membangun sistem, ia juga meminta Disdukcapil memperbaiki dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. “Jika sistem yang ada sudah berjalan baik, kemudian didukung dengan kualitas sumber daya manusia yang baik,” tandasnya.

Ketua Komisi I DPRD) Kota Kendari, Rizki Brilian Pagala mengajak seluruh masyarakat Kota Kendari untuk megunakan aplikasi Jari dengan cara mendownload aplikasi tersebut di google play store. “Saya kira aplikasi jari sudah mesti dimiliki setiap masyarakat, karena dengan aplikasi itu, lebih mempermudah warga Kendari ketika akan mengurus administari kependudukan, tanpa harus ke kantor Disdukcapil Kendari,” beber Rizki

Di tengah pandemi, aplikasi jari adalah pilihan terbaik yang bisa diakses masyarakat ketika inggin mengurus tentang administari kependudukan. Apalagi dalam aplikasi tersebut sudah ada beberapa fitur penunjang untuk mempermudah masyarakat. “Program yang di inisiasi oleh Inspektur Kota Kendari ini dapat mendukung pelayanan yang optimal dan transparan bagi warga. Sebab tidak hanya membudahkan pelayanan, warga juga bisa melaporkan aduan,” ujarnya.

Layanan Inovasi Berbasis Digital

  1. Aplikasi Laika
    -Permudah Kinerja Pelayanan di Kelurahan dan Kecamatan
    -Pendataan dan Pengarsipatan Data Administrasi Lebih Teratur
  2. SPPD Elektronik
    -Memangkas Proses Birokrasi
    -Pelayanan Lebih Cepat dan Mudah
    -Memantau Keberadaan ASN (Penjalanan Dinas)
  3. Jaga Kendari (Jari)
    -Berantas SPG
    -Layanan Adminsitrasi Kependudukan Lebih Mudah
    -Optimalkan Mekanisme Kerja di Internal
  4. Pajak Menyapa (Jakpa)
    -Memudahkan Warga Membayar Pajak.
    -Meminimalisir Terjadinya Kebocoran

Nominasi Jari
-Stand Pameran Terbaik
-Reformer Terbaik (4.0 Reformer Style)
-10 Terbaik Lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan

Nominasi Jakpa
-Top Five Inovasi Terbaik
-The Peace Maker Reformer
-Reformer Lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy