Pemkab Muna Anggarkan Rp 32 Miliar untuk Kesehatan Gratis – Kendari Pos
Muna

Pemkab Muna Anggarkan Rp 32 Miliar untuk Kesehatan Gratis


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Muna menganggarkan Rp 32 miliar untuk program kesehatan gratis bagi masyarakat miskin pada tahun ini. Total penerima manfaat dari program tersebut mencapai 79.483 orang. Hingga September tahun ini, realisasi anggaran sudah mencapai Rp 26,4 miliar. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muna, Amrin Fiini, menerangkan, anggaran kesehatan gratis itu melekat pada program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) yang ditalangi melalui APBD. Pemkab bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Program tersebut sudah berjalan tiga tahun dengan nilai anggaran yang meningkat setiap tahun.

Amrin Fiini

“2020 ini lebih besar. Nilainya secara berturut-turut sejak 2018 antara lain Rp 9 miliar, lalu naik Rp 23 miliar dan bertambah lagi menjadi Rp 32 miliar. Sampai September, kami sudah bayar ke BPJS senilai Rp 26,4 miliar,” jelasnya, Senin (5/10). Saat ini, jumlah masyarakat kurang mampu yang sudah terkafer dalam program itu mencapai 79.483 jiwa. Amrin menerangkan, jaminan kesehatan daerah menyasar warga kurang mampu yang belum terdaftar dalam fasilitas kesehatan lain seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) maupun Jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas). Jamkesda menanggung iuran untuk fasilitas kesehatan kelas III. “Memang kewajiban Pemkab seperti itu. Kesehatan masyarakat itu wajib,” paparnya.

Jamkesda, lanjutnya, menggunakan skema pembayaran tidak langsung diterima masyarakat miskin. Pemkab menjalin kesepakatan bersama BPJS. Dana Jamkesda tersebut dicairkan langsung ke rekening BPJS pusat untuk selanjutnya dialihkan ke BPJS Muna. Masyarakat penerima manfaat hanya diberi kartu Jamkesda yang bisa digunakan untuk mengakses fasilitas kesehatan. “Kami berharap digunakan maksimal oleh masyarakat,” imbuhnya. (b/ode)

Alokasi APBD Muna untuk Kesehatan Masyarakat :

  • Tahun 2018 : Rp 9 miliar
  • Tahun 2019 : Rp 23 miliar
  • Tahun 2020 : Rp 32 miliar
    *) Hingga September 2020 sudah dibayarkan ke BPJS : Rp 26,4 miliar
  • Jumlah masyarakat yang masuk program Jamkesda : 79.483 jiwa.
  • Mereka adalah warga kurang mampu yang belum memiliki Indonesia Sehat maupun Jamkesmas.
  • Jamkesda menanggung iuran untuk fasilitas pelayanan kelas III.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy