Pemkab Konut Segera Didistribusikan SPPT PBB 2020


KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Konawe Utara (Konut) terus berupaya memaksimalkan simpul-simpul pendapatan asli daerah (PAD). Salah satu sektor PAD yang potensial untuk dimaksimalkan adalah pajak bumi dan bangunan (PBB). Kepala Bapenda Konut, Jumadin melalui Kabid Pajak, Asni, menuturkan, surat pemberitahuan pajak terhutang (SPPT) PBB tahun 2020 segera didistribusikan oleh pihak Badan Pendapatan Daerah (Dispenda) Konut.

Asni

“Sehingga masyarakat sudah bisa membayar PBB-nya. Distribusi SPPT PBB akan dilakukan minggu depan,” ujar Kabid Pajak, Asni, Rabu (30/9). Pendistribusian SPPT PBB, kata Asni, akan dilakukan secara door to door pada Pemerintah Desa tanpa harus melalui Pemerintah Kecamatan lagi. Pengalaman tahun sebelumnya, SPPT PBB yang disampaikan pada Pemerintah Kecamatan kadang kala tak sampai ke Desa.

“Sehingga pendistribusian SPPT dimungkinkan akan diberikan langsung pada Kepala Desa. Sekaligus mempertanyakan kendala yang dihadapi dalam penarikan PBB pada masyarakat,” ujar Asni. Untuk pencetakan SPPT PBB dianggap telah rampung. Tinggal pendistribusian ke desa-desa yang akan dituntaskan. Asni melanjutkan, bilamana SPPT PBB telah terdistribusi, ia meminta agar Pemerintah Desa turut proaktif dalam memberikan edukasi pada warga untuk membayar PBB.

“Partisipasi Pemdes memang masih sangat minim untuk penagihan PBB. Sehingga kami harapkan saling mendukung satu sama lain,” ujarnya. Besaran SPPT PBB setiap kepala keluarga (KK) bervariasi. Semua dilihat dari luasan lahan dan bangunan yang dimiliki warga. (c/min)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.