Pelaku UKM di Kolaka Diminta Manfaatkan Teknologi – Kendari Pos
Kolaka Utara

Pelaku UKM di Kolaka Diminta Manfaatkan Teknologi


KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) kian banyak bertumbuh pada hampir di seluruh kecamatan. Hanya saja, jenis usaha yang digeluti warga, dominan sama. Sehingga gaung pemasarannya hanya pada skala lokal saja. Bupati Kolut, Nur Rahman Umar, mengatakan, salah satu faktor menjamurnya jenis-jenis usaha yang digeluti sebagian besar pelaku UKM, hanya karena ikut-ikutan. Akibat dari itu mereka menghadapi persaingan yang banyak di wilayahnya sendiri dan bahkan terpaksa tutup lapak karena kalah promosi.

Nur Rahman Umar

“Para pelaku UKM ataupun koperasi harus lihai melihat peluang dan jangan sekadar ikut-ikutan. Modal itu urusan kedua. Kemauan dan jeli melihat peluang itu yang utama, karena kita harus berpikir kelangsungan usaha dan pemasarannya,” saran Kolut-1 tersebut, akhir pekan lalu. Produk UKM yang dominan di Kolut variatif mulai penjualan minuman, makanan, makanan olahan, kerajinan dan lainnya. Ia yakin bukan modal yang jadi kendala utama namun lebih kepada bidang usaha dan pemasaran.

Pada dasarnya di Kolut juga memiliki beberapa jenis usaha warga yang dari sisi produk memungkinkan bisa menjangkau pemasaran lebih luas. Hanya saja, promosi dianggap kurang maksimal. “Dengan kecanggihan teknologi saat ini, sebenarnya kesempatan bagi UKM untuk mengembangkan potensi produknya dan memperluas jangkauan pemasaran. Tetapi di sini rata-rata dari tempat produksi ke warung-warung atau toko sekitar saja,” imbuhnya.

Peran instansi terkait baik Dinas Perindustrian maupun Perdagangan sangat diharapkan dalam membangun koordinasi. Peran menjembatani para UKM diperlukan baik dalam upaya peningkatan pelatihan-pelatihan, pemasaran hingga sasaran distribusi yang jelas. “Strategi pemasaran itu juga penting diketahui agar tidak sekadar membuka usaha dan menunggu pembeli atau jualan laku,” imbuhnya.
Soal ekonomi makro, Kolut sendiri hingga tahun ketiga masa kepemimpinnnya disebutkan mengalami peningkatan berdasarkan pencatatan BPS 2018 yang berkisar 6,08 persen dibanding tahun 2017 lalu sebesar 6,03 persen. Menyangkut angka pengangguran terbuka juga menurun yang pada 2019 tercatat 13,19 dibanding tahun sebelumnya 14,30 persen. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy