Pekan Sepeda Nasional, Peserta Virtual Bicycle Fair di Sultra Bersih-bersih Rambu Lalu Lintas – Kendari Pos
Nasional

Pekan Sepeda Nasional, Peserta Virtual Bicycle Fair di Sultra Bersih-bersih Rambu Lalu Lintas

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas peserta gowes Pekan Sepeda Nasional 2020 dari Jakarta. Di Sultra, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf dan pecinta gowes ikut berpartisipasi virtual bicycle fair se-Indonesia yang dilepas sang menteri.

Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf (tengah) bergegas turun dari sepeda saat melahap rute Pekan Sepeda Nasional dan membersihkan rambu-rambu lalu lintas yang dijejali stiker-stiker, Sabtu (17/10).

Pekan Sepeda Nasional 2020 yang merupakan rangkaian Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) itu pertama kali dilaksanakan se-Indonesia. Sekira 3.000 peserta dari seluruh kota di Indonesia termasuk Sulawesi Tenggara (Sultra) ikut ambil bagian. Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf mengatakan pekan sepeda nasional ini hadir untuk mendorong penggunaan sepeda dalam beraktivitas, termasuk bersepeda di era new normal. Bersepeda menjadi moda transportasi aman, sehat dan nyaman.

“Keselamatan peseda sangat penting. Nah, kegiatan ini bagian dari upaya pemerintah melindungi para pesepeda melalui peraturan menteri (PM) Nomor 59 Tahun 2020 tentang keselamatan pesepeda yang mengatur bagian-bagian penting yang harus disiapkan dalam bersepeda. Termasuk peran pemerintah daerah menyiapakan lajur khusus pesepeda dan tempat parkir sepeda di setiap kantor dan pusat-pusat kegiatan lainnya,”jelas Benny kepada Kendari Pos disela-sela kegiatan Pekan Sepeda Nasional di Sultra, akhir pekan lalu.

Tak hanya memenuhi hasrat berolahraga sepeda, para peserta virtual bicycle fair di Sultra melakukan aksi bersih-bersih rambu lalu lintas. Benny Nurdin Yusuf memimpin aksi bersih-bersih. Disela-sela mengayuh sepeda, Benny Nurdin Yusuf terlihat turun membersihkan stiker yang menempel di rambu lalu lintas. Aksinya diikuti peserta virtual bicycle fair lainnya.

Menurut Benny Nurdin Yusuf, aksi bersih-bersih itu sebagai upaya menyampaikan pesan kepada pengguna jalan dan masyarakat bahwa fasilitas perlengkapan jalan adalah guidence pengguna jalan dalam meningkatkan budaya keselamatan, keamanan dan ketertiban di jalan. “Olehnya itu, semua rambu lalu lintas harus dijaga dan dipelihara. Bukan malah dirusak,” tegasnya.

Benny Nurdin Yusuf berharap, melalui pekan sepeda nasional ini, kesadaran meningkatkan keselamatan jalan menggaung dari nasional hingga pelosok daerah, termasuk di Sultra.
“Saya berharap melalui kegiatan pekan sepeda nasional ini, transportasi aman dan selamat terus digaungkan disetiap kegiatan termasuk pemerintah, swasta dan masyarakat. Salam Pokono Moroda dari Sultra Safety Bike Comunity (SSBC),”pungkasnya.

Untuk diketahui, pekan sepeda nasional dalam event virtual bicycle fair ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia dan dilepas oleh menteri perhubungan di Jakarta. Peserta didaerah menentukan titiknya dan bergerak sejauh 10 kilometer. Panitia di Jakarta akan memantau rute dari aplikasi khusus. Rute dari aplikasi inilah nanti dikirimkan ke panitia di Jakarta. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy