Mentan SYL : Hari Karantina Momentum Konsolidasi Emosional – Kendari Pos
Nasional

Mentan SYL : Hari Karantina Momentum Konsolidasi Emosional


KENDARIPOS.CO.ID — Hari Karantina diperingati saban 18 Oktober. Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL) memimpin peringatan Hari Karantina Pertanian ke-143 secara virtual, Minggu (18/10) kemarin.

Pegawai Unit Pelaksana Teknis Karantina Pertanian Kendari mengikuti upacara peringatan Hari Karantina Pertanian yang dipimpin Menteri Pertanian RI, Syahrul yasin Limpo secara virtual, Minggu (18/10) kemarin

Dalam amanah selaku inspektur upacara Hari Hari Karantina Pertanian, Menteri Syahrul meminta Badan Karantina Pertanian (Barantan) terus bergerak menyosialisasikan pentingnya karantina bagi bangsa dan negara. “Kini perang bukan lagi menggunakan senjata, sehingga kita harus waspada terhadap Bioterorisme yang dewasa ini menjadi isu hangat sebagai bagian dari strategi melumpuhkan perekonomian suatu negara,” ujarnya, kemarin.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) dua periode itu menegaskan agar Barantan menguatkan kerja sama dengan instansi terkait. “Kerja sama dengan TNI, Polri, dan Bea Cukai harus mampu manjadi sebuah kekuatan dalam memperkuat pemeriksaan sistem logistik,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dia menilai, melalui skema single submission badan karantina pertanian bersama dengan bea cukai dan karantina mendukung ekosistem logistik nasional melalui iklim logistik yang lebih baik dan diharapkan makin mempermudah bagi pelaku usaha di bidang agribisnis.

“Penguatan sistem perkarantinaan merupakan peningkatan kompetensi sumberdaya manusia. Oleh karena itu, laboratorium uji hingga sarana dan prasarana menjadi modal utama serta memanfaatkan teknologi informasi guna mempercepat layanan untuk meningkatkan daya saing serta penguatan diplomasi pertanian,” tegas Menteri Syahrul Yasin Limpo.
Selain itu, peringatan Hari Karantina Pertanian ini sejatinya menjadi momemtum konsolidasi emosional Badan Karantina Pertanian. Untuk itu Menteri Syahrul Yasin Limpo mengajak seluruh karantinawan untuk kembali merefleksi perjalanan Karantina Pertanian dalam melaksanakan tugas pokok fungsinya.

“Barantan harus membangun konsolidasi konsepsi program-program apa yang harus update untuk menghadapi dinamika tantangan kedepan yang selalu berubah, termasuk antisipasi terjadinya perubahan status dan situasi penyakit hewan dan tumbuhan di Indonesia,” ungkap Syahrul Yasin Limpo.

Hari Karantina Pertanian, Minggu (18/10) diperingati dengan sejumlah kegiatan. Puncaknya adalah upacara secara virtual yang dipusatkan di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian (BUTTMKP) dan diikuti oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis Karantina Pertanian seluruh Indonesia, termasuk Kendari. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy