Menjaga Kualitas PBM, Dikmudora Optimalkan Pembelajaran Home Visit – Kendari Pos
Edukasi

Menjaga Kualitas PBM, Dikmudora Optimalkan Pembelajaran Home Visit

Makmur

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari terus berusaha memaksimalkan proses belajar mengajar (PBM) di massa pandemi Covid-19. Salah satunya dengan memaksimalkan peran guru untuk turun langsung ke rumah-rumah siswa (homo visit).

Hal ini penting supaya, siswa maksimal belajar dan lebih bersemangat.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dikmudora Kota Kendari, Makmur mengatakan, pihaknya saat ini selalu aktif turun mencari informasi di sekolah dan rumah siswa untuk memastikan proses belajar mengajar (PBM) yang dilakukan siswa berjalan lancar. “Selama pandemi Covid-19, tidak dipungkiri ada siswa yang tidak bisa mengakses PBM daring dan luring melalui posko-posko yang didirikan sekolah untuk memberikan tugas,” ujar Makmur kepada Kendari Pos, kemarin.

Untuk itu, sejak Maret sampai Oktober 2020, pihaknya terus menjalankan program home visit atau guru berkunjung ke rumah-rumah siswa agar PBM di massa pandemi ini bisa terus berlangsung. Tentu dengan memperhatikan dan menerapkan selalu protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Berdasarkan wawancara yang sudah dilakukan, tidak ada masalah serius terkait kunjungan guru ini. Hanya saja, kita selalu mengingatkan guru agar tidak mendatangi dan memetakan daerah-daerah yang zonanya tidak aman dengan Covid-19. Kalau zona merah, jangan didatangi dulu,” jelasnya.
Selain itu, juga harus melakukan komunikasi yang baik dengan pihak kelurahaan dan rukun warga (RW) setempat. Supaya sebelum turun ke lapangan guru sudah mengetahui berada zona aman atau tidak. Guru mata pelajaran (Mapel) di sekolah menginformasikasikan ke Walikelas siswa, selanjutnya ditindaklanjuti oleh guru BK sebelum membawakan materi pembelajaran di rumah-rumah siswa.

“Dengan pandemi Covid-19 seperti ini, orang tua lebih paham bahwa kerja-kerja guru itu tidak mudah. Seperti yang dibayangkan. orang tua, mengurusi satu anak saja kadang setengah mati, apalagi sampai 30 anak,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy