Menanti Sinar Bintang Muda – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Menanti Sinar Bintang Muda

KENDARIPOS.CO.ID — Barcelona akan menjamu sang rival dan juara bertahan Real Madrid dalam lanjutan Liga Spanyol 2020/2021 kick-off pada Sabtu (24/10) pukul 21.00 WIB. Pertemuan antara Barcelona vs Real Madrid selalu menyajikan laga seru. Beberapa tahun lalu, ada dua nama yang selalu bersaing pada laga El Clasico yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Pasca persaingan Messi vs Ronaldo di El Clasico berakhir, kini muncul persaingan baru. Partai penuh gengsi bertajuk El Clasico di Camp Nou ini bisa jadi pembuktian dua pemain muda. Dua bintang muda siap mengambil panggung. Dua pemain tersebut yakni Ansu Fati di kubu Barcelona dan Vinicius Junior di pihak Real Madrid. Ansu Fati performanya tengah meroket, sedangkan Vinicius mulai konsisten.

Lantas, apakah duel Fati vs Vinicius bisa disebut sebagai penerus duel Messi vs Ronaldo di El Classico?

Mantan pelatih Barcelona dan Real Madrid, Luis Milla, meminta publik untuk tidak terlalu membandingkan kedua pemain. “Mereka masih sangat muda dan saya pikir ini sulit. Pada tahap ini, mereka butuh waktu untuk bisa berkembang. Jangan memberikan tekanan terlalu tinggi,” ucap Luis Milla pada webinar El Clasico Season 90.

Mantan pelatih Timnas Indonesia itu tidak ingin publik memberi beban terlalu banyak pada Fati dan Vinicius. Mereka masih terlalu muda untuk menjadi pemeran utama di panggung El Clasico. “Yang mereka butuhkan pada saat ini adalah kepercayaan dan dukungan. Mereka harus bermain dengan bebas dan mengembangkan talentanya,” kata Luis Milla.

Laga Barcelona vs Real Madrid di Camp Nou bakal menjadi pertarungan pertama antara Ronald Koeman dan Zinedine Zidane sebagai pelatih. Meski duel antara keduanya berstatus “debutan”, Koeman dan Zidane sejatinya adalah dua sosok legenda El Clasico.

Laga ini pun menjadi penting untuk sang pelatih Barcelona, Ronald Koeman karena ini adalah El Clasico pertamanya. Ronald Koeman di laga ini nampaknya tidak perlu takut karena di Barcelona ada beberapa pemain yang bisa dijadikan kunci kemenangan tim. Salah satunya, Ansu Fati. Ia merupakan senjata andalan baru Barcelona di musim ini.
Penyerang berusia 17 tahun ini tidak pernah canggung dan telah tampil mengesankan di setiap laganya. Total Ansu Fati telah diturunkan Ronald Koeman sebanyak lima kali dan sukses mencetak empat gol serta dua assists.

Di laga kontra Real Madrid, Ansu Fati tentu bisa menjadi momok bek Real Madrid. Absennya Sergio Ramos pun nampaknya membuat tugas Ansu Fati mengacak-acak barisan pertahanan Real Madrid menjadi lebih mudah.

Di usianya yang masih muda, bukan tidak mungkin Ansu Fati bisa mengambil panggung El Clasico seperti yang pernah dilakukan Lionel Messi dulu. Ansu Fati mencetak dua gol ke gawang Villarreal dan membuat dirinya diyakini bakal menjadi bintang besar anyar di dunia sepak bola.

Pelatih Real Madrih, Zidane menuai lebih banyak kesuksesan ketika menjabat sebagai pelatih Real Madrid. Dia mempersembahkan 11 trofi, termasuk dua gelar LaLiga (2017, 2020), dan tiga gelar Liga Champions beruntun (2016, 2017, 2018) dalam dua periodenya sebagai pelatih.

Torehannya itu membuat Zinedine menjadi salah satu pelatih tersukses dalam sejarah Real Madrid. Zidane hanya kalah dari raihan entrenador legendaris Real Madrid, Miguel Muñoz dengan raihan 14 trofi.

Skuad Real Madrid juga berisikan bintang muda, Vinicius Jr yang berusia 20 tahun. Vinicius sudah paham bagaimana membuat kesan di El Clasico, setelah mencetak gol penting pemecah kebuntuan pada pertandingan dalam hitungan belasan detik ketika masuk menggantikan Luka Jovic di babak kedua laga Liga Champions lawan Shakhtar Donetsk, pekan lalu.

Vinicius Junior kini bukan lagi bocah bau kencur di Real Madrid. Pemain asal Brasil sudah memasuki musim ketiganya membela klub peraih 13 gelar juara Liga Champions. Perkembangan Vinicius sangat cepat. Dia mampu tampil menonjol bersama tim muda dan Santiago Solari membawa Vinicius ke tim utama Madrid.

Dari sisi fisik, Vinicius kini jauh lebih kekar. Gaya bermainnya pun sudah berubah. Walau kemampuan finishing pemain 20 tahun belum cukup prima, dia berkembang sangat baik dalam hal kerja sama dan bermain kolektif. “Saya tidak takut kehilangan bola dan saya akan terus seperti ini, bergerak maju, sehingga semua orang semakin percaya pada saya,” kata Vinicius.

El Clasico jilid 1 musim 2020/2021 datang dalam waktu yang tidak ideal untuk Real Madrid. Di pekan sebelumnya, Barcelona maupun Madrid sama-sama menelan kekalahan pahit. Barcelona kalah 0-1 di kandang Getafe, sedangkan Madrid kalah 0-1 menjamu tim promosi Cadiz.

Kapten Madrid, Sergio Ramos hanya bermain 45 menit dalam laga kontra Cadiz. Ia ditarik keluar karena masalah di lutut. Bek veteran Spanyol itu lantas absen saat timnya jumpa Shakhtar. Kehilangan Ramos tampak terasa untuk Los Blancos. Dalam 8 partai terakhir di UCL tanpa tanpa Sergio Ramos, Madrid menelan 7 kekalahan.

Ramos bukan cuma berstatus bek dengan catatan gol terbanyak dalam sejarah Liga Spanyol (73 gol). Ia juga tercatat sebagai pemain dengan jumlah laga El Clásico paling banyak(44 kali), di atas Lionel Messi (43 kali). Luis Milla, mantan pelatih Timnas Indonesia yang pernah berlaga untuk Real Madrid dan Barcelona, menilai Ramos sangat vital. “Tanpa Ramos, Real Madrid kehilangan (roh) kepemimpinan di lini belakang,” ujar Luis Milla dalam webinar El Clasico Season 90.

Saat ini, Ramos tengah berjuang untuk bisa tampil di El Clasico. Bek berusia 34 tahun itu masih menjalani sesi latihan individual dengan dan tanpa bola. Jumat (23/10) jadi kunci apakah ia akan kembali berlatih dengan rekan setim atau tidak. Namun, Ramos pernah tampil dalam kondisi tidak 100 persen fit. Oleh karenanya, cukup logis menunggu kehadirannya di Camp Nou.

Menurut pandit Binder Singh dalam webinar El Clasico Season 90, secara umum Real Madrid punya kelemahan dalam urusan defensif tanpa Ramos. Ia menambahkan, “(Thibaut) Courtois bisa menjadi kunci dalam El Clasico kali ini. Dengan karakter Barcelona yang mengandalkan penguasaan bola, Madrid akan fokus bertahan (dan mengandalkan serangan balik),” ujarnya.

Sementara itu, Barcelona justru dalam kondisi ideal jelang El Clasico. Kekalahan 1-0 atas Getafe di Liga Spanyol, sudah dibalas dengan permainan impresif lawan Ferencvaros di UCL dengan skor 5-1. Dalam partai itu, Lionel Messi, Ansu Fati, Philippe Coutinho, hingga Pedri mencetak gol. Khusus Messi, ia menjadi man of the match dengan 1 gol dan 1 assist. Whoscored memberinya rapor nilai 10.

Messi adalah top skor El Clásico sepanjang masa dengan 26 gol di semua kompetisi, dengan 18 di antaranya terjadi di Liga Spanyol. La Pulga juga menjadi pencetak hattrick termuda dalam sejarah El Clásico (19 tahun). Ditambah ia penyetor asis terbanyak El Clásico (14 di semua kompetisi).

El Clasico akhir pekan ini menurut mantan gelandang Madrid Guti ini belum bisa disebut sebagai penentu persaingan gelar, mengingat liga baru berjalan tujuh pekan. Tapi menurutnya hasil di partai ini akan krusial. Sebab start kedua tim di liga sejauh ini sama-sama tak terlalu meyakinkan.

Barcelona masih tertahan di urutan sembilan dengan catatan dua kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah dari empat laga. Sementara Madrid ada di posisi tiga, memetik tiga kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah dari lima pertandingan.

El Clasico kali ini akan menjadi tolok ukur di mana level masing-masing tim. “Pertemuan ini tidak akan menentukan siapa yang akan memenangi LaLiga. Tapi ini adalah pertandingan yang penting,” ujar Guti dikutip Marca.

Belum ketahuan apa Sergio Ramos bisa memperkuat Real Madrid di El Clasico. Tapi El Real diyakini bakal butuh sekali kehadiran Ramos dalam laga di markas Barcelona tersebut.Tim besutan Ronald Koeman bisa dibilang lebih percaya diri menatap El Clasico ini. Ditambah keberadaan Philippe Coutinho dan Ansu Fati yang sinarnya musim ini bahkan melebihi Messi, Barcelona sepertinya siap merebut tiga poin dari Madrid. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy