LPLH MUI Sultra Bahas Program Ramah Lingkungan – Kendari Pos
Metro Kendari

LPLH MUI Sultra Bahas Program Ramah Lingkungan

KENDARINEWS.COM — Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LPLH-SDA) MUI Sultra masa khidmat 2020-2025 mengadakan Rapat Kerja. Dalam pertemuan yang berlangsung di Aula Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo ini, membahas banyak program, salah satunya program wilayah ramah lingkungan.

Dalam raker tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan program sebagai agenda kerja selama 5 tahun kedepan. Diantaranya yaitu Kota/Kabupaten Layak Huni & Ramah Lingkungan, serta Program Revitalisasi Ekologi (Hutan, Sungai &Pesisir) Berbasis Masyarakat.

Raker yang dihadiri oleh Dewan Pengarah serta pengurus lembaga ini, dibuka secara resmi oleh Drs. KH. Aang Anwar Mujahid, mewakili Ketua MUI Sultra. Pengurus lembaga ini terdiri dari akademisi, birokrasi terkait serta aktivis dan pegiat lingkungan.

Pengurusnya terdiri dari Penanggug jawab diantaranya Prof. Dr. H. Abdullah Alhadza, MA dan Drs. KH. Mursyidin, M.H. Serta Pengarah yaitu Drs. KH. Aang Anwar Mujahid, Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si, serta Dr. Supriyanto, MA.

Adapun Pelaksana, diketuai oleh Dr. IrfanIdo, M.Si, dan dua orang Wakil Ketua yaitu Dr. H. Muh. Sabaruddin Sinapoy, SH., M.Hum dan Dr. Hj. Lies Indriyani, SP., M.Si.Dibantu oleh Sekretaris yaitu Arisandi, SE., MM, serta Wakil Sekretaris Hj. Arniaty DK, SP., M.Sidan Dr. Ir. H. Fajar Sudrajat, M.Si. Bendahara dijabat oleh Yusnani, S.Kom., M.Si dan Wakil Bendahara oleh Wa Ode Rulia, SP.

Adapun anggota diantaranya Ir. H. Andi Atjo Tessiada, Solihin Iskandar Alam, S.Sos, Musram Abadi, SPt., M.Si, La Ode Siwi, SP., M.Si, Muhammad Hasni, ST., MT, Sri Damayanty, SKM., M.Kesdan H. Alimin, S.Sos.

Tujuan dibentuknya lembaga ini untuk meningkatkan kesadaran umat muslim sebagai potensi terbesar bangsa, atas pentingnya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan sumberdaya alam yang sesuai dengan ajaran Islam. Adapun visi dari lembaga ini adalah mengembangkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam dalam aspek perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan sumberdaya alam untuk mencapai kemaslahatan umat sesuai tujuan syariah (maqashid as-syariah).

Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si, Dekan FHIL UHO yang juga selaku Dewan Pengarah pada lembaga ini, banyak menaruh harapan. “Melalui lembaga ini, kita dapat memasyarakatkan ayat-ayat Al Qur’an mengenai lingkungan hidup, sehingga kita manusia dapat mempertahankan rambu-rambu Allah SWT dalam hubungan kita terhadap lingkungan,” terangnya.

Pada kesempatan ini juga ketua Lembaga Dr. IrfanIdo, SP.,M.Si menyajikan puisi “MembacaTanda-Tanda, karyaTaufik Ismail. Puisi indah dan full power disajikan menambah khidmat semangat para pengurus dalam rangka mengawal dan menggerakkan masyarakat dalam pelestarian lingkungan.

Rencananya, Lembaga di bawah naungan MUI Sultra ini akan menyampaikan usulan program kerja yang dihasilkan tersebut. Yakni pada Rakernas I yang akan diselenggarakan pada 28 Oktober 2020 nanti. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy