Lima PPK Baito Konsel Dinonaktifkan – Kendari Pos
Politik

Lima PPK Baito Konsel Dinonaktifkan

KENDARIPOS.CO.ID — Lima anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Baito Konsel menyatakan mundur melalui surat yang diupload di sosial media (Sosmed). Surat yang diteken Ketua PPK Baito Aspul bersama anggotanya Jumsul Tawulo, Eneng Susan Yulianti, Dhita Fiduansyah, dan Arif Aciansyah lantaran pengelolaan anggaran yang dilakukan Kepala Sekretariat PPK Baito dianggap tak transparan. Buntut kasus itu, lima anggota badan adhoc itu dinonaktifkan oleh KPU Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Ketua KPU Konsel Aliudin menjelaskan lembaganya belum menerima secara resmi surat pengunduran diri PPK Baito. “Surat pengunduran diri beredar di media sosial dan menjadi viral, maka KPU memanggil PPK baito untuk melakukan klarifikasi. Alasannya, PPK menyampaikan apa yang dilakukan semata-mata karena khilaf.

Semua menyatakan masih tetap untuk bekerja melaksanakan tahapan seperti biasa. Mereka juga menyampaikan permohonan maaf kepada KPU Konsel,” ungkapnya.

Sebagai konsekuensi, lanjut Aliudin, lembaganya menindaklanjuti dengan pemeriksaan etik yang dilakukan terhadap PPK Baito. Kelima PPK tersebut diberhentikan sementara. Seluruh tahapan di kecamatan itu diambil alih oleh KPU Konsel.

Persoalan yang dikeluhkan kelima PPK itu, Aliudin mengatakan, masalah tersebut sudah pernah dilaporkan pada Agustus lalu.

Pihaknya juga sudah mengklarifikasi laporan itu dan Kepala Sekretariat PPK Baito mengaku melakukan pemotongan sebesar Rp 10 ribu perorang. Alasannya, dana itu untuk biaya perjalanannya guna mencairkan honor PPS. “Pencairannya di Bank Syariah Mandiri dan itu tidak ada di Konsel. Duit yang dipotong itu sudah dikembalikan setelah mulai ribut soal itu,” jelasnya. Ia mengatakan tak bisa mengganti Kepala Sekretariat PPK. Karena itu wewenang Pemkab Konsel. (kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy