Lapas Boleh Dirikan TPS, Ini Syaratnya – Kendari Pos
Politik

Lapas Boleh Dirikan TPS, Ini Syaratnya

KENDARIPOS.CO.ID — KPU memberikan kewenangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) mendirikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk para warga binaan alias tahanan. Syaratnya, penghuni Lapas minimal 30 orang, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 17 tahun 2020 pasal 33a.

Jika kurang dari jumlah itu, maka warga binaan disebar ke TPS sekitar Lapas dan tidak diperkenankan mendirikan TPS. Itu berpedoman pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 17 tahun 2020 pasal 33a.

Informasi itu disampaikan anggota KPU Sultra Muh. Nato Al Haq. Sebanyak 30 warga binaan Lapas mesti dipastikan berdomisili di wilayah setempat. Untuk warga Lapas yang dari luar daerah, maka haknya berpotensi tidak tersalurkan. Sebab, untuk mengawal keluar warga tahanan bukan perihal sederhana dan pasti rumit serta membutuhkan waktu yang panjang.

“Dari tujuh daerah yang pilkada, hanya di Muna yang punya Lapas. Maka KPU setempat segera mendeteksi warga binaan yang berdomisili di sana,”kata Muh. Nato Al Haq. Jumlah warga binaan Lapas Muna, kata dia, yakni sebanyak 124 orang. Namun masih berpotensi bertambah. Karena terdapat beberapa orang yang baru-baru saja di putuskan hukumannya di pengadilan. “Nantinya mereka akan membentuk TPS sendiri. Dengan pemantauan dan pengawasan yang ketat,”tandasnya. (m6/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy