Kreatif dan Produktif di Tengah Pandemi, Sekprov Sultra : Kita tak Boleh Terpuruk – Kendari Pos
Nasional

Kreatif dan Produktif di Tengah Pandemi, Sekprov Sultra : Kita tak Boleh Terpuruk


KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) belum hengkang dari bumi Sultra. Kantor-kantor pemerintahan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. Pemprov Sultra masih menerapkan sistem kerja bergilir atau sistem sif. Kendati begitu, semangat kerja PNS lingkup Pemprov Sultra tak pernah surut.

Sekda Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas (tengah) menerima kunjungan silaturahmi Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi (dua dari kiri) bersama jajaran manajemen di ruang kerja Sekda Provinsi Sultra, Senin (26/10) kemarin.

Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan optimalisasi kinerja PNS dan pelayanan publik oleh organisasi perangkat daerah (OPD) tetap berjalan demi pencapaian target-target program kerja pada semua sektor. Sekda menegaskan PNS dan OPD lingkup Pemprov Sultra mesti kreatif dan produktif di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Walau masih dalam situasi pandemi, seluruh potensi di Sultra terus kita optimalkan. Bahkan kerja-kerja ASN masih terus berjalan dengan optimal. Beberapa pekerjaan dikerjakan secara daring,” ujar Nur Endang Abbas kepada Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi dan jajaran manajemen Kendari Pos saat kunjungan silaturahmi, Senin (26/10) kemarin.

Bahkan kehadiran ASN di kantor dioptimalkan, terutama berkaitan kerja-kerja pengolahan data. “Kehadiran dan kerja ASN di kantor-kantor tetap menerapkan protokol kesehatan. Kami menerapakn langkah cepat, langkah cerdas guna peningkatan kinerja demi membangun daerah. Kita tak boleh terpuruk dengan pandemi ini. Sebab semua langkah sudah kita lakukan untuk menekan (Covid-19). Semua OPD dituntut kreatif dengan membuat suatu sistem kerja berbasis digital dan menyesuaikan dengan kondisi saat ini,”ucap Nur Endang Abbas.
Mantan Kepala BPSDM Provinsi Sultra itu menambahkan sistem kerja ASN di tengah pandemi Covid-19 tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri PAN-RB dan peraturan gubernur (Pergub). “Kantor-kantor yang ada kasus positif (Covid-19) kita tutup sementara untuk disterilkan. Tetapi setelah itu (semuanya) kembali bekerja normal,”kata Nur Endang Abbas.

Mantan Kepala BKD Provinsi Sultra itu mengingatkan ASN akan pesan Gubernur Sultra, Ali Mazi agar para ASN harus lebih kreatif dan produktif di tengah pandemi Covid-19. Potensi dan kinerja harus tetap menunjukkan tren positif. “Memang ini penuh tantangan namun kita harus bisa. Dengan dorongan kuat dari Gubernur Sultra, Ali Mazi, tentu menjadi motivasi besar bagi kita untuk menunjukkan kinerja terbaik demi peningkatan kemajuan daerah,” tegas Nur Endang Abbas.

Dia melanjutkan, Gubernur Sultra Ali Mazi selalu meminta dan mendorong semua OPD meningkatkan kinerja. Bahkan dalam rapat evaluasi pimpinan OPD diminta menyampaikan progres pelaksanaan tugas dan fungsinya terhadap realisasi program-program andalan. “Nah dalam momentum itu, bapak gubernur memberikan pengarahan. Pada sektor yang belum terlalu optimal, gubernur dalam arahannya meminta OPD melakukan optimalisasi dan kinerja,”jelasnya.

Optimalisasi kinerja ASN lingkup Pemprov Sultra yang dilakukan tak sia-sia. Semua program kegiatan OPD yang dirancang berjalan sesuai target. “Semua target prioritas dari masing-masing OPD itu berjalan lancar. Kendati ada sedikit terjadi pelambatan karena ada beberapa OPD yang kita lockdown akibat pegawainya terpapar Covid. Tapi secara umum berjalan baik dan sesuai target,”tutur Nur Endang Abbas.

Mantan Ketua KNPI Sultra itu menegaskan berbagai terobosan dilakukan OPD untuk meningkatkan serapan anggaran dan pencapaian pendapatan asli daerah (PAD). “Untuk peningkatan serapan anggaran itu perlu ada koordinasi pada OPD, terkait hal-hal apa yang perlu dilakukan untuk peningkatan serapan anggaran termasuk kreativitas masing-masing OPD terkait itu. Sebab ditengah pandemi ini seluruh OPD diminta lebih aktif dan kreatif guna peningkatan PAD, ” pungkas Nur Endang Abbas. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy