KPU Identifikasi Potensi Pemilih Ganda – Kendari Pos
Politik

KPU Identifikasi Potensi Pemilih Ganda

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menerima hasil pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari KPU di tujuh kabupaten yang gelar Pilkada. Kendati demikian, lembaga yang dipimpin La Ode Abdul Natsir mencegah adanya potensi ganda dengan mengidentifikasi DPT identik atau pemilih dengan nomor identitas kependudukan yang ganda.

Anggota KPU Sultra Muh. Nato Al Haq mengatakan, jika ditemukan DPT yang memiliki E-KTP lebih dari satu, maka yang bersangkutan dimintai keterangan ihwal lokasi TPS yang digunakan untuk menyalurkan hak suaranya. Hal itu menjadi pedoman untuk dilakukan komunikasi dengan TPS lain.

“Misalnya pemilik E-KTP ganda tersebut menentukan sikap akan melakukan pencoblosan di TPS A, maka penyelenggara akan berkomunikasi dengan TPS lain untuk tidak melayani bila yang bersangkutan akan melakukan pencoblosan,”kata Muh. Nato Al Haq kepada Kendari Pos, Selasa (27/10).

Melalui sistem ini, kata dia, maka adanya potensi pemilih yang melakukan pencoblosan berulang bisa tereduksi. Sehingga proses pemilihan berjalan dengan baik, demokratis dan sesuai hak suara masing-masing pemilih. “Kami juga meminta kepada Dukcapil untuk menertibkan masyarakat yang memiliki E-KTP lebih dari satu,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Sultra Ismail Lawasa menerangkan setiap dilakukan pengurusan E-KTP bagi yang pindah domisili, maka pasti dilakukan pemusnahan E-KTP sebelumnya. “Sebelum diakomodir perekaman E-KTP, maka akan dimintai E-KTP lamanya. Selanjutnya dilakukan pemusnahan. Untuk mencegah adanya penyalahgunaan,”tandasnya. (m6/c).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy