Koleksi Tujuh Opini WTP, Tafdil Raih Penghargaan Menteri Keuangan – Kendari Pos
Nasional

Koleksi Tujuh Opini WTP, Tafdil Raih Penghargaan Menteri Keuangan


KENDARIPOS.CO.ID — Dua periode menjabat Bupati Bombana, Tafdil piawai menakhodai pemerintahan. Kesuksesan terus mengiringi langkah Tafdil memimpin Bombana. Tak sekali dua kali ia meraih beragam penghargaan atas inovasi layanan di Pemkab Bombana.

Bupati Bombana, Tafdil (dua dari kiri) menerima
penghargaan dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani
yang disampaikan melalui Kepala Kanwil Ditjen
Perbendaharaan Provinsi Sultra,
Arif Wibawa (kiri) di Aula Rujab
Bupati Bombana, Senin
(12/10) kemarin.

Terbaru, Bupati Bombana Tafdil meraih penghargaan dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani atas prestasinya mengelola keuangan dan aset daerah. Selama menjadi Bupati Bombana, Tafdil sukses mengoleksi tujuh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sejak tahun anggaran 2013. Sebuah prestasi bergengsi dalam penilaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penghargaan diberikan utusan sang menteri, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara, Arif Wibawa. “Penghargaan ini merupakan bukti apresiasi penuh Menteri Keuangan RI kepada Pemerintah Kabupaten Bombana atas akselerasi dan tata kelola keuangan dan aset daerah di Bombana,” ujar Arif Wibawa sembari menyerahkan sertifikat penghargaan dan cendera mata di aula Rujab Bupati Bombana, Senin (12/10) kemarin.

Arif Wibawa menjelaskan Pemkab Bombana yang dinakhodai Bupati Tafdil sangat sigap dalam urusan pengawasan internal tata kelola keuangan daerah. “Akuntabilitas di setiap kegiatan hingga partisipasi pengawasan internal inspektorat dinilai aktif. Sehingga menciptakan kegiatan yang efektif dan efesien,” ungkapnyaa.

Arif Wibawa menambahkan minimal empat poin pokok syarat pelaporan keuangan yang harus dipenuhi pemerintah daerah untuk meraih meraih opini WTP. Pertama, kesesuaian kegiatan Pemkab Bombana dengan standar akuntansi pemerintah. Kedua, kecukupan dalam pengungkapan atau kejujuran yang memadai dalam laporan keuangan. Ketiga, kepatuhan dalam perundang undangan atau setiap kegiatan Pemkab sesuai denganpetunjuk teknis atau regulasi yang ada. Keempat, efektivitas sebuah kegiatan.

“Semua diungkap atau tidak ada yang ditutup-tutupi dalam pengeluaran keuangan. Itu prinsip undang-undang keuangan dan perbendaharaan. Jadi, satu rupiah pun belanja pemerintah itu dilaporkan,” jelas Arif Wibawa.

Bupati Bombana, Tafdil berbangga atas raihan tujuh opini WTP yang berbuah penghargaan dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani. “Ini merupakan capaian kita bersama, prestasi kita bersama. Ini kerja semua instansi, semua pegawai hingga dukungan dari pihak DPRD Bombana,” ujarnya.

Bupati Bombana dua periode itu mengatakan hadirnya WTP merupakan pengakuan negara atas kinerja Pemkab Bombana dalam mengelola keuangan daerah dengan cara yang benar atau akuntabel. “Prestasi ini tetap kita pertahankan. Mari menjadikan spirit atau semangat dalam membangun Bombana ke arah yang lebih baik lagi,” paparnya.

Untuk diketahui, atas prestasi meraih tujuh opini WTP, Pemkab Bombana mendapat dana insentif daerah (DID) dari Kementerian Keuangan sekira Rp.51 miliar pada tahun anggaran 2021. (kmr/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy