Ketua DPRD Konawe Lengser – Kendari Pos
Politik

Ketua DPRD Konawe Lengser

KENDARIPOS.CO.ID — Sasana perpolitikan di Konawe begitu mengejutkan. Secara mendadak, Ketua DPRD Konawe H. Ardin dicopot dari jabatannya. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN menerbitkan surat bernomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/429/X/2020 tentang pergantian antar waktu (PAW) pimpinan DPRD Konawe dari Fraksi PAN masa jabatan 2019-2024 yang diteken Ketua Umum PAN PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen PAN Edi Soeparno.

H. Ardin

Surat keputusan (SK) yang ditetapkan di Jakarta 16 Oktober 2020 itu, merupakan tindaklanjut dari surat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Konawe nomor: PAN/22.02/A/04/VII/2020 tertanggal 3 Juli 2020, perihal permohonan rekomendasi persetujuan pergantian pimpinan DPRD Konawe dari fraksi PAN masa jabatan 2019-2024. Selain itu, SK DPP PAN itu juga memperhatikan surat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sultra nomor : PAN/22/K-S/028/VII/2020 tertanggal 28 Juli 2020, perihal rekomendasi persetujuan PAW pimpinan DPRD Konawe.

DPP PAN menyetujui Beni Setiadi Burhan untuk menggantikan posisi H Ardin sebagai pimpinan DPRD Konawe. Beni S Burhan merupakan politisi PAN yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi I DPRD Konawe.

Ketua Fraksi PAN DPRD Sultra, Samsul Ibrahim membenarkan hal itu. Samsul Ibrahim mengatakan, selain ditujukan ke DPRD Konawe, instruksi pusat tersebut juga ditujukan ke DPD PAN Konawe maupun DPW PAN Sultra. Ia mengaku telah mengantar langsung SK DPP itu ke gedung parlemen Konawe, Senin (19/10) dan diterima oleh Kepala Bagian (Kabag) Keuangan Sekretariat DPRD Konawe yang mewakili Sekretaris DPRD (Sekwan).

“Saya hanya menerima mandat partai untuk mengantar SK PAW tersebut. Saya tidak punya wewenang untuk mengomentari lebih jauh mengenai mekanisme di internal DPRD Konawe,” ujar Samsul Ibrahim, Selasa (20/10), saat dihubungi. Samsul Ibrahim enggan berkomentar terkait penyebab dibalik pencopotan H Ardin sebagai pimpinan DPRD Konawe. Ia menyarankan persoalan itu ditanyakan ke Ketua DPD PAN Konawe, Gusli Topan Sabara (Wabup Konawe). Sebab, SK DPP itu kemungkinan besar juga telah diketahui oleh DPD PAN setempat.

“Kemarin (Senin, red), SK DPP juga kita antar di kediaman Wakil Bupati selaku Ketua DPD PAN Konawe. Tapi kebetulan beliau lagi ada tugas diluar, jadi kita titip saja di kediamannya,” tambahnya. Surat itu juga, mencantumkan nama pengganti H Ardin yang selanjutnya dimandatkan kepada Beni Setiadi Burhan. Terkait proses keluarnya SK DPP itu, kata Samsul Ibrahim, pastinya terlebih dahulu telah diusulkan oleh DPD PAN Konawe.

“Intinya, perjalanan surat itu harus dari bawah. Start dari DPD, naik ke DPW Sultra dan diteruskan ke DPP PAN. Tapi saya tidak mau mencampuri itu. Posisi kami hanya menyampaikan surat yang dikeluarkan DPP PAN,” tandas anggota DPRD Sultra.

Upaya penggalian informasi dari beberapa pihak belum menemui hasil. Belum diketahui pasti apa alasan dibalik pencopotan H Ardin dari takhta pimpinan DPRD Konawe. Sekretaris DPRD Konawe, Sumanti, belum mau menjawab panggilan telepon awak media Kendari Pos. Ketua DPD PAN Konawe Gusli Topan Sabara masih enggan bersuara ihwal kabar PAW ketua DPRD Konawe. (adi/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy