Kementerian PUPR dan Komisi V DPR RI Tinjau Proyek Nasional di Kendari – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Kementerian PUPR dan Komisi V DPR RI Tinjau Proyek Nasional di Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi V DPR RI meninjau progres pekerjaan sejumlah proyek yang digarap balai-balai di Kementerian PUPR, Senin (12/10) kemarin. Proyek itu adalah pembangunan kolam retensi Boulevard Kota Kendari, Jembatan Teluk Kendari, penataan Kawasan Kumuh Bungkutoko Petoaha, Kendari New Port dan jalan lingkar Kota Kendari. Sinergisitas antara stakeholder dinilai menjadi kunci sukses pembangunan yang dilakukan oleh pihak balai di wilayah Sultra.

Gubernur Sultra Ali Mazi (enam dari kiri), Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae (enam dari kanan), Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh (lima dari kiri), dan Sekda Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas (empat dari kanan) usai membahas pembangunan infrastruktur di Sultra di Claro Hotel Kendari, Senin (12/10) malam.

Sekira pukul 11.00 Wita rombongan Komisi V DPR RI tiba di Bandara Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan. Rombongan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae diterima Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dan para kepala balai Kementerian PUPR.

Rombongan langsung menuju titik proyek pembangunan kolam retensi. Di lokasi itu,
Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV Kendari, Haeruddin memaparkan progres pembangunan kolam retensi sekira 84 persen. Haeruddin mengungkapkan kendala terkait kebutuhan data-data dan desain untuk menyelesaikan pembangunan tersebut.

“Meski begitu, kami akan berusaha maksimal agar pembangunan tersebut dapat selesai sesuai target yang ditentukan. Dengan kunjungan Komisi V ini menjadi sebuah bantuan dengan harapan kolam retensi ini dapat berfungsi pada tahun 2022 mendatang,” ujar Haeruddin kepada anggota Komisi V DPR RI, di Kendari, kemarin.

Usai melihat kondisi pembangunan kolam retensi, Komisi V DPR RI, pihak balai Kementerian PUPR, Pemkot Kendari dan Pemprov Sultra berpindah dan meninjau pengerjaan Jembatan Teluk Kendari. Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sultra, Yohanis Tulak Todingrara memaparkan progres pembangunan mencapai 98 persen. “Kami sudah melakukan uji beban statik dan dinamik. Jika tidak ada halangan, awal bulan November, pembangunan sudah selesai 100 persen,” paparnya.

Komisi V DPR RI kembali bergeser melihat progres pembangunan kawasan kumuh Petoaha di Bungkutoko. Anggota Komisi V DPR RI, Mulyadi menuturkan komisinya sangat mendukung pengentasan kawasan kumuh di Sultra, khususnya Kota Kendari. Program Kota Tanpa Kumuh dinilai dapat mengatasi daerah kumuh dan membantu perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19. “Kami sangat mendukung program-program tersebut,” ujarnya.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tenggara (BPPW Sultra) Mustaba mengungkapkan dalam melakukan pembangunan pihaknya terkadang mengalami kendala, karena koordinasi antara pemerintah daerah tidak berjalan lancar. Padahal mestinya sinergisitas semua pihak, mulai pemerintah pusat, DPR RI, DPRD, pemerintah provinsi hingga pemerintah kabupaten dan kota sangat dibuthkan dalam pembangunan.

“Seharusnya saat pembangunan akan dimulai, Pemda sudah harus siap semua. Lokasi pembangunan sudah harus clear and clean. Seperti halnya yang dialami di Cipta Karya, di mana semua programnya langsung bersentuhan dengan masyarakat sehingga dibutuhkan komunikasi agar program yang akan dikerjakan dapat berjalan dengan baik,” papar Mustaba.

Dia berharap agar penataan keramba masyarakat pada program penataan kawasan kumuh Bungkutoko dapat dituntaskan oleh Pemerintah Kota Kendari. “Wali Kota Kendari memastikan akan segera menuntaskan hal tersebut. Hal-hal seperti ini yang kita butuhkan. Karena setiap pembangunan tidak bisa berjalan mulus apabila tidak ada sinergi antara stakeholder yang ada di daerah,” tegas Mustaba.

Hal senada diungkapkan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae. Menurutnya, sekuat apapun perjuangannya sebagai wakil rakyat di DPR RI tidak akan berarti tanpa dukungan masyarakat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota. Mantan Bupati Muna dua periode itu berharap koordinasi antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota dapat berjalan baik. “Sehingga perjuangan untuk membangun daerah yang lebih maju dapat kita wujudkan bersama,” imbuh Ridwan Bae. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy