Kemendikbud Jamin Keamanan Data Penerima Bantuan Kuota Gratis – Kendari Pos
Nasional

Kemendikbud Jamin Keamanan Data Penerima Bantuan Kuota Gratis


KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan data penerima kuota gratis aman. Pasalnya, pemberian data kepada operator seluler tidak menyertakan nama ataupun nomor handphone penerimanya secara utuh. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Kemendikbud Hasan Chabibie menegaskan, pihaknya tidak memberikan data penerima subsidi kuota ke operator secara utuh. Itu memang dilakukan guna mengantisipasi penyalahgunaan data.

“Nomer khawatir disalahgunakan, yang kami berikan ke operator bukan nama peserta didik, tapi nomor ID yang itu tidak berarti apa-apa kalau dalam konteks informasi pribadi data seseorang,” ujar dia dalam siaran YouTube Pendidikan VOX Point, Senin (5/10).

Adapun, data yang ada diinput ke dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) seperti nama dan nomor handphone, hanya 3 angka awal nomor HP dan ID penerima bantuan kuota. “Di situ kami tidak memberikan itu (nama dan nomor HP utuh), yang kami berikan adalah nomor 081, terus nama saya tapi bukan Hasan Chabibie, tapi dengan 03578S2ZZ misalnya,” ujar dia.

“Itu bagian dari kehati-hatian kami yang tidak membagi antara nama dan nomor HP untuk kami kasih kuota. Jadi, provider juga tak ngerti, itu punya siapa. Ini saking hati-hatinya kami. Supaya informasi pribadi tidak bocor,” sambung Hasan. Selain itu, pihaknya juga membuat perjanjian tertulis dengan para operator seluler yang bekerja sama. Jika ada data yang disalahgunakan, maka akan ada sanksi sesuai UU yang berlaku.

“Kami panggil direktur opsel, saya minta tandatangan di atas materai jangan sampai ada kebocoran,” tegasnya. Dia meminta data penerima bantuan subsidi kuota tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak diharapkan. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy