Kembangkan Literasi, MAN IC Kendari Launching Buku – Kendari Pos
Edukasi

Kembangkan Literasi, MAN IC Kendari Launching Buku

Siswa MAN IC Kendari saat memanfaatkan waktu luangnya dengan membaca buku.

KENDARIPOS,CO.ID — Dukungan terhadap gerakan literasi terus digaungkan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC) Kendari. Hal tersebut dibuktikan dengan diselesaikanya penulisan karya cerpen para siswi madrasah berprestasi tersebut dengan tema “ Pena”. Karya membanggakan siswa MAN IC ini pun memperoleh apresiasi dari banyak pihak. Salah satunya datang dari Bunda Baca Sulawesi Tenggara (Sultra), Agista Ariany Bombay

Diakui oleh istri Gubernur Sultra, Ali Mazi tersebut bahwa, buku yang berisi tulisan para siswa MAN IC Kendari ini sangat patut untuk diapresiasi. Kendati dalam suasana pandemi Covid-19 ini, siswa MAN IC Kendari tetap memacu semangatnya dalam mengembangkan gagasan dan idenya yang dituangkan dalam kisah cerita yang menarik untuk dibaca dan dijadikan pengalaman hidup. Menurutnya, generasi muda harus peka terhadap perkembangan sastra di negaranya.
Sebagai bentuk implikasi terhadap ilmu Bahasa yang telah dipelajarinya.

“Semoga karya-karya yang ditorehkan oleh siswa MAN IC Kendari, semakin meningkatkan kreativitas, membawa manfaat dan menjadi motivasi bagi orang lain. Untuk giat dalam mengembangkan literasi di Indonesia, khususnya Sultra,” harapnya kemarin.

Sementara itu, Kepala MAN IC Kendari, Abdul Basit menyampaikan bahwa buku yang bertema “Pena” ini, merupakan hasil darirogram menulis cerpen ini merupakan program untuk mengasah bakat peserta didik dalam hal menulis. Program ini menjadi wadah puntuk menampung karya-karya seluruh peserta didik MAN Insan Cendekia Kota Kendari, serta meningkatkan kreativitas siswa, melatih kepekaan terhadap lingkungan sekitar, meningkatkan rasa percaya diri, serta mampu mempublikasikan diri.

“Cerpen yang dituliskan tidak hanya sekadar menorehkan pena, namun setiap kata, kalimat yang diutarakan mengandung maksud dan nilai-nilai yang patut untuk dicontoh. Lewat cerita kita dapat mengenali berbagai jenis karakter dan watak manusia, kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Di sinilah tempat generasi penerus bangsa menorehkan isi hatinya, dan ide pemikirannya sehingga Generasi Muda akan lebih dekat dan memahami konsep sastra sesungguhnya,” ungkapnya.

Menurutnya tema “Pena” dalam
cerpen ini memberikan gambaran terkait kreativitas peserta didik dalam mengembangkan ide dan pola pikir yang kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan sehingga menghasilkan karya-karya yang dapat bermanfaat bagi para pembaca.

“Saya punya program rutin setiap bulan Oktober, harus ada terbit karya siswa ataupun guru. Momentum bulan bahasa. Saya pun berharap agar cerpen ini bisa ada di Gramedia. Agar bisa dinikmati oleh lebih banyak orang,” harapnya.

Sebagai informasi, buku pertama yang bertemakan “Pena” ini merupakan hasil dari 16 siswa yang terpilih sesuai dengan hasil edit para guru MAN IC Kendari. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy