“Jakpa” dan “Jari” Gondol Penghargaan LAN – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

“Jakpa” dan “Jari” Gondol Penghargaan LAN


KENDARIPOS.CO.ID — Program digitalisasi layanan Pemkot Kendari berbuah prestasi. Di ajang Web Expo Festival Inovasi Proyek Perubahan di Makassar, dua inovasi yang diciptakan Pemkot Aplikasi Jaga Kendari (Jari) dan Pajak Menyapa (Jakpa) mendapatkan penghargaan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Kepala Bapenda Kota Kendari, Sri Yusnita (kanan) saat menerima piaham penghargaan dari Kepala Puslatbang KMP LAN RI Andi Taufik (kiri)

Aplikasi Jari mendapatkan tiga penghargaan sekaligus yaitu stand pameran terbaik, reformer terbaik (4.0 Reformer Style) dan masuk 10 terbaik lulus dengan predikat sangat memuaskan. Sementara Program Jakpa masuk kategori top five inovasi terbaik dari 52 peserta, kemudian mendapatkan penghargaan spesial reformer kategori The Peace Maker Reformer dan masuk kategori reformer yang lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin (kanan) menerima piagam penghargaan dari Kepala Puslatbang KMP LAN RI Andi Taufik (kiri) dalam ajang Web Expo Festival Inovasi Proyek Perubahan peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I Angkatan XLV, di Makassar

Penghargaan itu diserahkan langsung Kepala Puslatbang KMP LAN RI Andi Taufik kepada para inisiator program yaitu Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin dengan inovasi Jari dan Kepala Bapenda Kota Kendari, Sri Yusnita dengan inovasi program Jakpa.

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir turut berbangga. Menurutnya, capaian tersebut tak lepas dari kerja keras pihaknya untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat sekaligus untuk mewujudkan visi misi daerah yakni menjadikan Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi (lingkungan), teknologi dan informasi.

Selain itu, lanjut dia, inovasi aplikasi Jari dan Jakpa merupakan bagian dari upaya pihaknya mensukseskan Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK) yang digaungkan Presiden Jokowi Agustus lalu.

“Sesuai instruksi Presiden, kita harus membangun aspek-aspek pencegahan anti korupsi didaerah seperti menghadirkan inovasi pencegahan anti korupsi. Oleh karena itu kami hadirkan inovasi aplilakasi Jari dan Jakpa ini,” ujarnya.

Kepala LAN RI, Adi Suryanto berpesan kepada para reformer (JPT) dapat menjadi designer, pendorong, inspirator dan tauladan dalam organisasi. Ia pun mengapresiasi dua inovasi (Jari dan Jakpa) dari Kota Kendari. Menurutnya, aplikasi Jari sangat baik karena dapat memberi kemudahan pelayanan bagi masyarakat sekaligus pengawasan pada instansi terkait.

“Inovasi ini sangat tepat dan dapat diterapkan oleh daerah lain. Bisa jadi contoh untuk meningkatkan kualitas pelayanan terlebih ditengah pandemi Covid-19 saat ini yang tidak memungkinkan orang untuk bertatap muka,” kata Adi Suyanto.

Program Jakpa menurut Ady tak kalah baiknya dengan aplikasi Jari. Pasalnya, melalui Jakpa, memudahkan masyatakat untuk membayar pajak. Lebih baiknya lagi, Jakpa bisa meminimalisir terjadinya kebocoran pajak karena transaksi dilakukan tanpa tatap muka lagi. (b/m2/ags)

Nominasi Jari
-Stand Pameran Terbaik
-Reformer Terbaik (4.0 Reformer Style)
-10 Terbaik Lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan

Nominasi Jakpa
-Top Five Inovasi Terbaik
-The Peace Maker Reformer
-Reformer Lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy