Inspektorat Review Penggunaan Anggaran Pemkab Butur – Kendari Pos
Buton Utara

Inspektorat Review Penggunaan Anggaran Pemkab Butur


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) menegaskan, penggunaan dana sebesar Rp 17 miliar untuk penanganan Covid-19 dimanfaatkan secara transparan dan semua laporan tanggungjawabannya bisa diakses sesuai regulasi yang berlaku. Hal itu Pj Sekretaris Kabupaten (Sekab) Butur, Burhanuddin, saat menerima sejumlah pemuda yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Pancasila Buton Utara (Kompas Butur) yang berunjuk rasa di halaman Sekretariat Kabupaten (Setkab), Kamis, (1/10).

Burhanuddin menegaskan, sebagai payung hukum penggunaan anggaran penanganan virus corona, Pemkab telah mengeluarkan Peraturan Bupati tentang belanja tak terduga. Peraturan yang dikeluarkan berdasarkan acuan Pemerintah Pusat dan dilaporkan setiap bulan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Penyaluran anggaran Covid-19 sebesar 85 persen. Semua transparan pertanggungjawaban pemerintah. Tentu ada hal yang menjadi aturan. Kalau ingin transparan silakan datang ddan kita dialog kapan saja. Kami membuka apa yang sudah direalisasikan dan apa yang belum dilakukan,” ujar Burhanudin.

Pj Sekab Butur, Burhanuddin (kanan) saat menerima massa aksi yang mempertanyakan penggunaan dana Covid-19.

Penggelontoran anggaran, semua dilakukan Pemerintah Kabupaten untuk menjamin masyarakat Buton Utara terhindar dari dampak Covid-19 dan dapat hidup normal serta memeroleh penghasilan. Pengelolaan dana Covid-19 pada setiap Organisasi Perangkat Daerah dilakukan dengan mengusulkan proposal melalui proses review Inspektorat.

“Jangan mendengar sepihak. Tidak ada OPD yang mau bersentuhan dengan hukum, ini murni membantu masyarakat kita,” tambahnya. Sementara itu, Perwakilan Komunitas Pemuda Pancasila Buton Utara, Ridwan Bonto, menduga banyak ketidaktransparan dalam tata kelola anggaran Covid-19 yang dilakukan, meski telah dilakukan review porposal pengajuan anggaran. “Pasca review Inspektorat Buton Utara masih banyak item yang tidak disampaikan ke publik soal realisasi anggaran pengadaan fasilitas kesehatan,” tudingnya. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy