Hasil Tes CPNS Diumumkan 30 November, 1 Desember Penetapan NIP – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Hasil Tes CPNS Diumumkan 30 November, 1 Desember Penetapan NIP


KENDARIPOS.CO.ID — Tes seleksi kompetensi bidang (SKB) tuntas diikuti para pemburu nomor induk pegawai (NIP) di Sultra. Secara nasional seleksi CPNS baru berakhir 12 Oktober lalu, sedangkan SKB CPNSD lingkup Pemprov Sultra sudah kelar sejak 7 September 2020. Kini para CPNSD sedang harap-harap cemas menanti pengumuman dari hasil perjuangan dan tetesan keringat.

Pengumuman kelulusan seleksi CASN akan dilakukan secara serentak 30 November 2020. Informasi ini diterima Panitia Seleksi Daerah (Panselda) dalam rapat persiapan pengumuman CPNSD secara virtual bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Dalam rapat itu disebutkan, pengumuman secara serentak rencananya akan dilaksanakan 30 November. Namun sebelum diumumkan, pihak panitia seleksi daerah (Panselda) akan melakukan rapat rekonsiliasi integrasi nilai terlebih dahulu,” ujar Kadir, Kepala Bidang (Kabid) Mutasi dan Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra kepada Kendari Pos, Kamis (15/10) kemarin.

Rekonsiliasi nilai akan dimulai 19 sampai 23 Oktober 2020. Hanya saja, Kadir belum memastikan metode pelaksanaan rekonsiliasi. Apakah dilakukan secara virtual atau Panselda di Sultra hadir langsung di KemenPAN RB di Jakarta. Hingga kini, belum ada putusan resmi mengenai pelaksanaan rekonsiliasi hasil tes kompetensi CPNSD. “Kementerian PAN-RB sempat menawarkan dua opsi. Hanya saja, belum ada kesepakatan apakah kita akan hadir langsung dalam rekonsiliasi nilau atau secara virtual saja,” jelasnya.

Kadir menjelaskan setelah rekonsiliasi nilai, hasilnya akan diolah sebelum diumumkan 30 November. Setelah pengumuman hasil, akan ada masa sanggah selama 3 hari. “Setelah masa sanggah, para CPNSD yang dinyatakan lolos akan diberi waktu melengkapi administrasi yang diumumkan. Waktu diberikan sekira dua minggu untuk melengkapi administrasi. Penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP), baru akan dilaksanakan pada 1 Desember mendatang,” pungkas Kadir.

Sementara itu di Kota Kendari, hasil tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) masih diproses. Jika Panselda sudah merampungkan maka akan direkonsiliasi integrasi hasil SKD dan SKB bersama Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari, Susanti mengatakan pengolahan hasil SKD dan SKB berlangsung hingga 18 Oktober 2020. Selanjutnya, Panselda menunggu instruksi Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk rekonsiliasi nilai.

“Penghitungan secara internal dilakukan BKN. Kami hanya menghitung akumulasi dari nilai-nilai tersebut. Selanjutnya 19 Oktober 2020 nanti akan digelar rekonsiliasi, baru ada pengumuman hasil final. Saat ini kami masih menunggu petunjuk dari pusat,” kata Susanti. (rah/m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy