Hari Ini, Jembatan Teluk Kendari Uji Beban Statik dan Dinamik – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Hari Ini, Jembatan Teluk Kendari Uji Beban Statik dan Dinamik


KENDARIPOS.CO.ID — Jembatan Teluk Kendari yang akan menjadi ikonik daerah sudah rampung. Kecamatan Kendari akan terkoneksi dengan Kecamatan Abeli dan Poasia. Jembatan Teluk diyakini akan ikut berkontribusi mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi karena Kecamatan Poasia dan Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Abeli akan dikembangkan sebagai kawasan industri dan terdapat Kendari New Port.

Pembangunan jembatan sudah rampung. Aktivitas ekonomi akan bertumbuh. Melintasi teluk demi menggapai asa hidup sejahtera dari geliat industri dan hiruk pikuk Kendari New Port.

Jembatan Teluk akan segera beroperasi namun sebelumnya harus dilakukan dilakukan uji beban statik dan dinamik jembatan Teluk oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sultra. Seremoni uji beban itu direncanakan digelar hari ini dan dihadiri Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.5 Satuan Kerja Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (Satker BPJN) Wilayah II Sultra, Ichsan membenarkan agenda uji beban untuk laik fungsi jembatan Teluk hari ini. Menurutnya, uji beban statik dan dinamik mesti dilakukan sebelum jembatan Teluk diresmikan. “Tujuannya untuk memastikan kekuatan beban kendaraan yang akan melintas di atas jembatan,” ujarnya kepada Kendari Pos, kemarin.

Gubernur Sultra Ali Mazi berharap usai uji beban, jembatan Teluk diresmikan. Ali Mazi juga berharap Presiden Jokowi hadir di Sultra untuk meresmikan jembatan Teluk Kendari. Gubernur terus berupaya melobi untuk menghadirkan Presiden di Sultra dengan berkoordinasi Kementerian PUPR dan Kementerian Sekretariat Negara. “Besar harapan Pemprov dan masyarakat Sultra agar Presiden hadir dan meresmikan jembatan,” ujar Ali Mazi.

Progres pembangunan jembatan Teluk Kendari pernah ditinjau Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Jhon Wempi Wetipo. Sebab pembagunan jembatan Teluk dibiayai pemerintah pusat. Jhon Wempi puas melihat progres pembangunan dan memastikan peresmian akan digelar Oktober ini. “Oktober sudah bisa diresmikan. Kita upayakan bapak Presiden Jokowi yang meresmikan. Namun yang bisa dipastikan hadit adalah Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono,” kata Jhon Wempi Wetipo usai meninjau jembatan Teluk.

Sebelumya, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan keinginannya untuk mengembangkan kawasan Jembatan Teluk Kendari. Menurutnya, Jembatan sepanjang 1,34 kilometer itu berpotensi menjadi kawasan wisata baru di Kota Kendari. “Ini merupakan impian buat seluruh masyarakat Sultra. Saya kira dengan rampungnya pembangunan jembaran Teluk Kendari ini menambah ikon baru daerah. Saya yakin jika dikelola dengan baik dan profesional maka akan mendatangkan benefit bagi daerah,” kata Sulkarnain.

Sulkarnain mengaku punya sejumlah konsep mengemas kawasan jembatan agar menjadi indah dan dapat menstimulasi kunjungan wisatawan lokal. “Jembatan ini wewenang Pemprov. Jika kami dipercayakan untuk ambil peran tentu kami siap,” ujar Sulkarnain. (rah/b)

Koneksi Wilayah

-Dua wilayah terkoneksi melalui Jembatan Teluk Kendari
-Wilayah kota lama Kec.Kendari, Kec.Poasia dan Kec.Abeli terhubung
-Jembatan itu diyakini akan mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi
-Sebab, Kec.Poasia dan Bungkutoko akan dikembangkan sebagai kawasan industri, Kendari New Port dan kawasan permukiman baru.
-Progres pembangunan jembatan Teluk sekira 98 persen
-Hari ini, kelaikan fungsi jembatan diuji
-Uji laik fungsi atau uji beban dilakukan sebelum jembatan diresmikan
-Tujuannya untuk memastikan kekuatan beban kendaraan yang akan melintas

Tentang Jembatan Teluk

-Progres 98 persen
-Sumber dana APBN tahun anggaran 2015 sampai 2020
-Pagu Anggaran Rp.800.906.868.000
-Konsultan Perencana PT Yodya Karya (Persero)
-Kontraktor pelaksana Konsorium PP-NK
-Nilai kontrak awal Rp.729.191.634.000
-Nilai kontrak Ass-IX Rp.800.906.868.000

Waktu Pelaksanaan
-1.756 hari kalender
-Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) 10 Desember 2015
-Provisional Hand Over (PHO) 29 September 2020
-Panjang jembatan 1,34 kilometer

SUMBER : BPJN XXI Kendari
DATA DIOLAH KENDARI POS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy