Gubernur Sulsel : Harian Fajar Berkontribusi Membangun Sulsel – Kendari Pos
Nasional

Gubernur Sulsel : Harian Fajar Berkontribusi Membangun Sulsel


KENDARIPOS.CO.ID — Sudah 39 tahun Harian FAJAR hadir mempersembahkan karya untuk daerah Sulawesi Selatan. Gubernur Sulsel, Prof.Nurdin Abdullah dalam sambutan virtual perayaan HUT ke-39 Harian FAJAR mengatakan Harian FAJAR telah berkontribusi dalam pembangunan Sulsel dan telah menunjukkan jadi diri sebagai media massa yang layak menjadi bacaan masyarakat.

Direktur Utama PT Media Fajar Koran, HM. Agus Salim Alwi Hamu (kemeja putih) dan Komisaris Harian Kendari Pos, Hj. Denny Ari (hijab putih) memotong tumpeng dalam peringatan HUT ke-39 Harian Fajar Lt 19 Gedung Graha Pena Fajar, Kamis (1/10) kemarin. Tampak Komisaris Utama Kendari Pos, H.Ridwan Arif (belakang, tiga dari kanan). FOTO: IDHAM AMA/FAJAR

Prof. Nurdin Abdullah yang dalam agenda kunjungan kerja ke Tana Toraja dan Toraja Utara, menyempatkan diri memberi selamat di momen penting ini yang digelar di Lt 19 Gedung Graha Pena, Kamis (1/10) kemarin.

Eks Bupati Bantaeng dua periode itu, mengatakan Harian FAJAR telah banyak memberikan warna dalam penyajian dan penyampaian berita. Khususnya dalam mendukung kegiatan Pemprov Sulsel. Saat ini, kata dia, Harian FAJAR telah mampu menunjukkan komitmen dan jati dirinya sebagai media yang layak dibaca. Memberikan informasi yang aktual kepada masyarakat.

“Kami sangat berharap Harian FAJAR terus mempertahankan kinerjanya dalam memanjakan para pembaca, mendapatkan informasi yang aktual dan terkini. Karena media massa baik cetak maupun elektronik sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat dalam memperoleh informasi di semua sektor kehidupan,” ujar Prof.Nurdin Abdullah.

Baginya, usia 39 tahun bukanlah usia yang muda. Capaian usia ini telah meraih keberhasilan karena berkat kerja sama dengan para relasi dan seluruh stakeholder dengan baik. Karena itu Harian FAJAR diharapkannya dapat bertumbuh dalam kebersamaan. Mengambil peran sebagai media yang menyampaikan informasi konstruktif serta bermartabat bagi pembacanya.

Apalagi, kata dia, Sulsel menjadi daerah yang selalu berada dalam pantauan pusat. Terutama terkait perkembangan dan pertumbuhan ekonomi, karena merupakan pintu masuk Kawasan Indonesia Timur. Untuk itu, kata Prof.Nurdin Abdullah dia dibutuhkan dedikasi yang optimal terkait proses pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

“Pemprov Sulsel sangat merasakan manfaat yang luar bisa dari menjalin hubungan yang baik dengan media massa. Khususnya media FAJAR. Karena seluruh hasil capaian apabila tidak di backup oleh pemberitaan melalui media massa, tidak akan diketahui oleh komponen masyarakat,” jelas suami dari Liestiaty Fachrudin itu.

Prof.Nurdin Abdullah menyadari Harian FAJAR sebagai media massa adalah mitra pemerintah yang harus mengawal dan terus mengontrol jalannya pembangunan dan pemerintahan. Keterlibatan media meminimalkan kemungkinan adanya kesalahan serta teknik manajemen pelaksanaan program.

Di samping itu pemerintah juga membutuhkan kritikan konstruktif untuk menyempurnakan jalannya pembangunan. Fungsi media sebagai pemberi informasi sekaligus sosial kontrol terhadap pelaksanaan roda pemerintahan sangat besar faedahnya. Makanya membangun hubungan dengan media baik media cetak dan elektronik merupakan suatu keharusan.

Pihaknya senantiasa membangun hubungan yang baik dan harmonis dengan seluruh media. Karena telah peran memberi warna tersendiri dalam melaksanakan pemerintahan. “Karena menjadi alat kontrol untuk memastikan pemerintahan bersih dan bebas korupsi sesuai visi sulsel yang inovatif, kompetitif, produktif, inklusif dan berkarakter,” ungkap Prof.Nurdin Abdullah.

Dia mengatakan, rentetan kejadian melanda Sulsel mulai dari bencana seperti banjir, tanah longsor, serta yang lebih lagi adalah pandemi Covid-19. Semua rentetan ini sangat mempengaruhi proses pelaksanaan pemerintahan. Makanya, peran media yang memberikan edukasi.

Pemprov, kata dia, akan tetap mendukung dan terus berusaha menciptakan kebebasan pers. Tetapi tetap sesuai dengan norma dan aturan yang telah ditetapkan. Gubernur Prof.Nurdin Abdullah berharap media menempatkan dirinya sebagai media edukatif, komunikatif dan independen dalam menjalankan tugasnya.

“Memberikan informasi dan kritik yang baik dan benar. Serta menyampaikan dengan bahasa yang elegan, santun dan konstruktif kepada pemerintah dan masyarakat sehingga pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan,” imbuh Prof.Nurdin Abdullah.

Perayaan kali ini tidak hanya sebagai seremonial, tetapi menjadi momentum instrospeksi diri. Terutama bagi pemerintah serta terkhusus kepada Harian FAJAR dalam membela kepentingan rakyat. Tetap menyampaikan kebenaran serta tetap memperhatikan regenerasi dan perkembangan yang ada.

FAJAR menurutnya harus mempersiapkan segalanya. Jangan sampai semua kehilangan momentum untuk tetap mempertahankan bisnis. Bahkan kata dia banyak media yang mengalami kesulitan hanya karena mereka tidak percaya dengan kecepatan dan peubahan yang terjadi. “Seperti kecenderungan sekarang, orang membaca melalui gadget. Hal seperti ini Harian FAJAR saya percaya tentu sudah mengantisipasinya,” tambah Prof.Nurdin Abdullah.

Nurdin pun mengucapkan selamat HUT ke-39 Harian FAJAR. Apresiasi yang setinggi-tingginya dia berikan atas sumbangsi untuk yang diberikan FAJAR untuk memajukan Sulsel. “Kami juga terus mendoakan orang tua kita bapak HM Alwi Hamu agar senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan oleh Allah SWT,” tambahnya.

Kepala BPS Perwakilan Sulsel Yos Rusdianysah mengatakan Harian FAJAR telah menjadi salah satu referensi yang dipakai oleh BPS Sulsel untuk menyusun indeks demokrasi. “Jadi setiap hari kami berlangganan Harian FAJAR. Untuk melihat berita yang berkaitan dengan indeks demokrasi.Kami baca terus Harian FAJAR, apalagi yang saya ikuti FAJAR terus berubah mengikuti perkembangan zaman. Baik secara hard copy atau digital sudah bagus,” ujarnya.

Ketua DPD REI Sulsel, M Sadiq menambahkan, FAJAR harus terus mengembangkan inovasinya. Selalu hadir memberikan kontribusi termasuk untuk dunia usaha. “Terusnya menjadi bacaan kita semua. Berinovasi tanpa henti. Saya sebagai penguasa betul-betul merasakan manfaat yang diberikan FAJAR,” tambahnya.

Kepala OJK Kantor Regional 6 Sulampua, Moh Nurdin Subandi mengapresiasi Harian FAJAR. Utamanya dalam penyampaian informasi soal sektor keuangan serta sektor lain kepada khalayak banyak. “Harian FAJAR tak berhenti melakukan inovasi dalam menyampaikan berita dan informasi kepada masyarakat,” ungkapnya. (ful)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy