Gubernur dan Wali Kota Siap Menyambut Presiden – Kendari Pos
Nasional

Gubernur dan Wali Kota Siap Menyambut Presiden

KENDARIPOS.CO.ID — Hari ini, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan tiba di Sultra. Rencananya sang presiden akan meresmikan pabrik gula PT.Prima Alam Gemilang (PAG) di Kabupaten Bombana dan Jembatan Teluk Kendari di Kota Kendari.

Ali Mazi – Sulkarnain Kadir

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi mengungkapkan, pihaknya telah berkomunikasi dengan keprotokoleran istana terkait rencana kedatangan Presiden Jokowi.
“Mendatangkan bapak Presiden di masa pandemi ini merupakan hal berat. Sehingga jika beliau benar-benar dapat berkunjung ke Sultra, ini merupakan keistimewaan dan kebanggaan tersendiri. Oleh karena itu, kita harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik,” ujar Ali Mazi di Rumah Jabatan Gubernur.

Menurut Ali Mazi, kedatangan Presiden Jokowi ke Sultra tentu mendatangkan banyak hal baik bagi daerah. Bahkan kedatangan Presiden Jokowi hari ini menjadi berkah bagi masyarakat Sultra. Banyak hal-hal yang dapat disampaikan secara langsung kepada Presiden Jokowi baik tertulis maupun lisan. “Kita akan menyaksikan jembatan Teluk diresmikan bapak Presiden. Selain itu, pabrik gula yang ada di Bombana juga telah diproyeksi menjadi pabrik gula terbesar di Asia Tenggara. Nantinya, pabrik ini dapat mengendalikan gejolak harga gula, sekaligus menjadi penyuplai kebutuhan gula nasional, terutama untuk kawasan timur Indonesia,”jelas Ali Mazi.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengapresiasi seluruh pihak yang telah mendukung pembangunan Jembatan Teluk Kendari. Ali Mazi berharap jembatan tersebut berdampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat serta daerah. “Terhubungnya wilayah bagian selatan Kota Kendari dengan wilayah Poasia serta Pulau Bungkutoko dapat dikembangkan menjadi kawasan industri, pelabuhan, dan permukiman baru. Pada gilirannya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal dan regional di wilayah tersebut,” jelas Ali Mazi.

Sementara itu, Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengaku telah siap menyambut dan menjamu kedatangan Presiden Jokowi di Kendari. Berbagai persiapan telah dilakukan mulai berkoordinasi dengan Korem 143 Halu Oleo dan Polda Sultra terkait keamanan, hingga berkoordinasi dengan Pemprov soal akomodasi Presiden selama berada di Kendari.

“Semuanya kita komunikasikan, secara umum baik pemkot maupun pemprov telah siap menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Apalagi kunjungan kerja beliau dalam rangka meresmikan Jembatan Teluk Kendari, pasti sangat kita nantikan. Mudah-mudahan semua prosesnya nanti bisa berjalan dengan lancar, aman dan tertib,” kata Sulkarnain, kemarin.

Bukan hanya itu, Wali Kota juga memastikan agenda kunjungan kerja Presiden di Kendari menerapkan protokol kesehatan ketat. Seluruh unsur yang terlibat dalam peresmian wajib rapid test, penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) dan lainnya agar terhindar dari Covid-19. “Kami masih bangun komunikasi dan koordinasi saat ini. Yang jelas, kami pemda siap menerima kunjungan Bapak Presiden,” kata Sulkarnain.

Lebih lanjut, Sulkarnain mengungkapkan bahwa meski belum diresmikan, hadirnya Jembatan Teluk Kendari akan membawa berkah tersendiri bagi Kota Kendari. Pasalnya jembatan sepanjang 1,34 kilometer itu menghubungkan dua wilayah yang terpisah oleh teluk yakni kawasan Kecamatan Kendari-Abeli.

“Hadirnya Jembatan Teluk Kendari tentu sangat mendukung pengembangan wilayah Sultra khususnya Kota Kendari karena menghubungkan wilayah dua wilayah (Kendari – Abeli) yang mana kita ketahui bahwa wilayah dibagian selatan Kendari itu (Abeli – Bungkutoko) merupakan kawasan yang dikembangkan menjadi kawasan industri, wisata dan pemukiman baru,” ungkap Sulkarnain.

Ia mencontohkan, jika Jembatan Teluk Kendari sudah dioperasikan maka akan mendorong arus keluar masuk barang baik ekspor maupun impor menuju Kendari New Port (KNP), sehingga aktivitas ekonomi berjalan.

“Perlu diketahui bahwa Kendari New Port merupakan salah satu upaya pengembangan kota. Eksistensi jembatan Teluk Kendari ini tentunya akan semakin meningkatkan mobilitas pelabuhan, baik barang, jasa dan manusia, semakin lebih efisien dan tentunya memberikan benefit bagi daerah,” kata Sulkarnain.

Selain mendukung aksesibilitas pelabuhan, lanjut Sulkarnain, Jembatan Teluk Kendari juga akan meningkatkan konektivitas jalan nasional dan jalan lingkar luar (Outer Ring Road) Kota Kendari yang ditargetkan rampung pembangunannya pada 2021 mendatang.

“Berdasarkan road map, panjang pembangunan jalan lingkar luar yakni sekitar 40 kilometer. Jalan ini nantinya akan menghubungkan Kota Kendari dengan Kabupaten Konawe. Sehingga dengan hadirnya Jembatan Teluk Kendari, maka akan menambah kesempurnaan pembangunan infrastruktur kota,” kata Sulkarnain.

Juru Bicara (Jubir) Gubernur Sultra, Ilham Q. Moehiddin mengatakan kehadiran Jembatan Teluk Kendari menghubungkan ruas jalan nasional yang terus diperpanjang dan ditingkatkan kapasitasnya oleh Presiden Joko Widodo. Sebagai infrastruktur transportasi nasional, Jembatan Teluk Kendari akan menjadi pendukung utama JTTS (Jalan Tol Trans Sulawesi) dan JKATS (Jalur Kereta Trans Sulawesi). “Maka sesuai proyeksi nasional, Jembatan Teluk Kendari menjadi hubungan bagi distribusi ekonomi, barang dan jasa, hasil pertanian dan perikanan,” ungkap Ilham Q. Moehiddin.

Jubir Gubernur Sultra bidang politik dan pemerintahan, Prof.Eka Suaib mengatakan dengan di resmikannya Jembatan Teluk dan pabrik gula akan memberi banyak manfaat kepada pemerintah dan masyarakat.
“Dengan begitu dapat membuka isolasi bagi daerah yang ada disekitarnya. Karena dengan terbukanya infrastruktur serta investasi maka daerah itu lebih memiliki koneksi dan jaringan lebih kuat guna mendorong simpul-simpul aktivitas perekonomian yang lain.

Bukan hanya aspek ekonomi dan budaya tetapi pemerintah juga. Sehingga pemerintah level lebih bawah dapat membuka aktivitas perekonomian di bawahnya, “pungkas guru besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo (Fisip UHO) itu. (rah/ags/a)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy