Gubernur Agendakan Monev di Muna – Kendari Pos
Metro Kendari

Gubernur Agendakan Monev di Muna


KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, berencana akan berkantor sementara di Kabupaten Munam dalam waktu dekat. Sultra-1 tersebut rencananya datang dengan agenda melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap sinkronisasi program kabupaten dan provinsi dan meninjau kesiapan pelaksanaan Pilkada 2020. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Tenggara, M. Ridwan Badallah, menerangkan, agenda Gubernur, Ali Mazi berkantor di Muna berkaitan dengan kapasitasnya sebagai pejabat pembina pemerintahan. Gubernur, kata dia, berkewajiban meninjau setiap daerah di otoritanya untuk memastikan pembangunan kabupaten tetap sinkron dengan program provinsi. Rencananya, kunjungan Suami Agista Ariani itu akan dilakukan medio November mendatang.

Gubernur Sultra Ali Mazi

“Tanggal pastinya masih tentatif. Termasuk berapa lama di Muna. Bisa tiga hari ataupun satu minggu hari kerja,” katanya, Rabu (21/10). Ridwan melanjutkan, agenda yang juga akan diisi Gubernur selama berada di Muna adalah memastikan netralitas Aparatur Sipil Negara, Penyelenggara Pemilu dan Bawaslu yang ada. Menurut Ridwan, dari tujuh daerah yang akan menggelar pesta demokrasi, Muna termasuk daerah yang memiliki tensi politik cukup hangat. Dengan demikian, Gubernur berkewajiban memantau dan memfasilitasi Pilkada Muna agar berlangsung kondusif, sukses dan sehat.

“Jadi Gubernur akan meninjau kesiapan Pilkada agar berjalan lancar. Termasuk memastikan komitmen dan objektifitas pasangan calon untuk Pilkada damai,” ujarnya. Ia berharap kunjungan Gubernur Ali Mazi tidak dipolitisasi oleh pihak berkepentingan dalam Pilkada Muna. Apalagi, sampai menggiring opini jika kunjungan itu untuk mengampanyekan salah satu pasangan calon. Ridwan mengatakan, sebagai wakil Pemerintah Pusat, Gubernur memang memiliki kewajiban dan tanggung jawab terhadap pembangunan maupun kondusifitas daerah yang menjadi wilayah pemerintahannya. “Jangan terlalu alergi ditanggapi. Apalagi sampai dipolitisasi. Kunjungan ini hal yang wajar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Muna, Dahlan Kalega, menuturkan, Pemkab belum menerima informasi resmi terkait rencana Gubernur yang akan berkantor sementara di daerah tersebut. Pemkab Muna masih menunggu informasi resmi yang disampaikan pihak Pemprov Sultra. Rencana itu memang sudah berkembang di masyarakat namun belum disampaikan secara langsung dari provinsi. “Kalau memang akan berkunjung, kami akan koordinasikan dengan pimpinan tentang bagaimana kesiapan dan agendanya,” imbuhnya. (b/ode/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy