FHIL Target 10 Besar di UHO Green Campus Award 2020 – Kendari Pos
Edukasi

FHIL Target 10 Besar di UHO Green Campus Award 2020

Dekan FHIL UHO, Prof. Dr. Mane Kandari (enam dari Kiri) saat melakukan foto bersama dengan tim khusus FHIL Green Campus Award.

KENDARIPOS.CO.ID — Fakultas Kehuatanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) berpartisipasi maksimal dalam kegiatan UHO Green Campus Award 2020 yang tengah berlangsung. Tak tanggung-tanggung, FHIL bahkan membentuk tim khusus, guna mencapai target masuk 10 besar dalam ajang penganugrahan lingkungan yang diinisiasi oleh
Rektor UHO, Prof. Dr. Muh. Zamrun, S.Si, M.Si, M.Sc., tersebut.

Dekan FHIL UHO Prof. Dr. Ir Aminuddin Mane Kandari, M.Si., mengungkapkan bahwa dalam menyambut kegiatan tersebut, sejak awal FHIL
telah melakukan berbagai persiapan dengan membentuk tim khusus. Hal ini dilakukan sebagai wujud dukungan full terhadap program Rektor UHO tersebut, dengan motto Bersama Kita Bisa dari Kita Untuk Semua.

“Kegiatan ini merupakan program strategis karena menjadi motivasi bagi semua unit lingkup UHO dalam menata lingkungan kampus agar terlihat semakin hijau, bersih, menerapkan hemat energi. Serta mampu mengimplementasikan sistem pengelolaan sampah yang baik dan melaksanakan pendidikan dan penelitian dalam mendukung isu-isu pembangunan berkelanjutan”, ungkapnya, kemarin.

Sementara itu, Ketua Tim Green Campus Award FHIL 2020, Dr. Safril Kasim, MES., menyampaikan bahwa, pelaksanaan UHO Green Campus Award ini, sejalan dengan
tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals) di Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Ecoregion Wallacea yang digagas oleh FHIL UHO.

“Ada enam kriteria yang dikompetisikan dalam Green Campus Award UHO 2020, yaitu penataan kampus dan infrastruktur, perubahan iklim dan energi, pengelolaan limbah, pengelolaan air, transportasi dan pendidikan dan penelitian termasuk ajakan untuk bersepeda di lingkungan FHIL setiap hari Jumat,” terangnya.

Diakuinya, saat ini ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) FHIL yang terdapat di area kampus cukup optimal. Terlebih lagi, saat ini, adanya pencanangan gerakan hemat energi, penggunaan lampu hemat energi, penataan one stop parking, serta sebagai fakultas yang fokus pada isu kehutanan dan lingkungan hidup, hampir seluruh aspek pendidikan dan penelitian telah mengarah pada upaya mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan di Ekoregion Wallacea.

“Semoga target masuk dalam 10 besar pada UHO Green Campus Award 2020 bisa tercapai,” terangnya.

Ke depan FHIL akan terus memaksimalkan upaya tersebut, pada hari jumat, 2 Oktober, kami baru saja menanam kurang lebih 258 bibit pohon yang terdiri dari jenis pohon tanjung, glodokan tiang dan pohon kuku, dimana Pohon kuku merupakan salah satu jenis endemik Sulawesi, dengan berbagai kegiatan tersebut semangatnya bukan hanya untuk ikut lomba tetapi menjadi agenda wajib agar ke depan lingkungan FHIL di Kampus Abdullah Silondae Kemaraya akan semakin menghijau. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy