Enam SMP di Kendari dapat Tambahan Dana BOS Rp 60 Juta – Kendari Pos
Edukasi

Enam SMP di Kendari dapat Tambahan Dana BOS Rp 60 Juta

KENDARIPOS.CO.ID– Sebanyak lima Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Kendari dan satu Sekolah Dasar (SD) menerima dana tambahan Rp 60 juta dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kinerja tahun 2020. Lima sekolah tersebut yakni, SMPN6 Kendari, SMPN 16 Kendari, SMPN 20 Kendari SMPN 21 Kendari, dan SMP Barakati serta SD 75 Kendari.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Hasim mengatakan BOS Kinerja merupakan program pemerintah pusat yang dialokasikan ke satuan pendidikan dasar dan menengah yang dinilai berkinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan di daerahnya. “Dana BOS kinerja tersebut telah disalurkan ke masing-masing sekolah penerima yang ada di Kota Kendari,” katanya, kemarin.

Lanjut dia, melalui BOS kinerja ini diharapkan, sekolah di Kota Kendari bisa berlomba-lomba untuk lebih meningkatkan kinerja. Sedangkan bagi para sekolh yang mendapatkan bantuan dana dari pemerintah ini bisa menjadi contoh bagi sekolah lainya.

Sementara itu, Yuharis yang juga salah satu penerima BOS Kota Kendari menuturkan, besaran masing-masing tiap sekolah pemerima BOS kinerja yakni sebesar Rp 60 juta. “Total kesuluruhan itu Rp 360 juta, nanti di peruntukkan dana tersebut untuk apa kita kembalikan ke sekolah masing-masing. Disesuaikan kebutuhan sekolah tersebut saja,” terangnya.

Yuharis melanjutkan, adapun kriteria sekolah yang berhak menerima dana BOS Kinerja tersebut yakni peningkatan rapor mutu dua tahun terakhir, letak sekolah yang berada di pinggiran kota, serta mayoritas siswa di sekolah tersebut adalah yang kurang mampu.
“Itu kriteria tahun 2020, berbeda dengan kriteria tahun 2019 kemarin,”tambahnya.

Bos Kinerja adalah program Pemerintah Pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang dinilai berkinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan, sekaligus sebagai stimulus bagi sekolah lainnya untuk mendorong mutu layanan pendidikan. Sementara Bos Afirmasi adalah program pemerintah pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berada di daerah tertinggal, sangat tertinggal di kawasan 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Kalau Afirmasi diperuntukkan di kabupaten saja, sementara di Kota itu Kinerja. Jadi kita terima yang BOS kinerja saja,” tutupnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy