Dugaan Melanggar Asas Netralitas, Empat ASN di Konut Dilaporkan ke KASN – Kendari Pos
Politik

Dugaan Melanggar Asas Netralitas, Empat ASN di Konut Dilaporkan ke KASN

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Konawe Utara (Konut) telah mendalami kasus empat ASN yang diduga melakukan pertemuan politik dengan salah satu calon wakil bupati. Perkara itu dibawa ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Suasana rapat di sentra Gakumdu terkait oknum ASN yang diduga terlibat politik praktis. Bawaslu telah merekomendasikan kasus itu diselesaikan oleh KASN

Koordinator Divisi PHL Bawaslu Konut Abd Makmur, menuturkan laporan netralitas ASN telah diproses, dengan memeriksa orang yang dianggap punya peran dan pengetahuan atas kasus itu. Dalam rapat pembahasan dua, pihaknya telah meneruskan kasus itu pada Gakumndu.

“Terhadap alat bukti yang dihubungkan dengan keterangan saksi, pelapor dan terlapor disimpulkan tidak memenuhi unsur tindak pidana pemilu dan tidak ditindaklanuti pada tahap penyidikan,”ujar Abd Makmur, kemarin, (7/10). Meski demikian, bukan berarti keempat oknum ASN itu harus bernafas lega. Kasus dugaan pelanggaran netralitas empat oknum ASN tetap diteruskan pada komisi ASN, untuk penjatuhan sanksi.

“Kita sudah teruskan pada KASN untuk ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan undang- undangan yang berlaku. Nanti, KASN yang memutuskan, apakah masuk pada netralitas atau tidak,”urainya. KASN, kata dia, yang memutuskan jenis pelanggarannya. Entah masuk pada pelanggaran ringan, sedang atau berat. “Batas kewenangan Bawaslu hanya sampai batas melakukan proses, yang memutuskan adalah KASN untuk pelanggarannya.

Untuk diketahui, empat oknum ASN yang diduga melakukan pertemuan dengan salah seorang calon wakil bupati, yakni M, AT, K dan S. (min/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy