Dokter Ajak Warga Menangkan Rusman – Kendari Pos
Politik

Dokter Ajak Warga Menangkan Rusman

KENDARIPOS.CO.ID — Mantan Bupati Muna LM. Baharuddin meminta masyarakat Muna agar menentukan pilihan politik dengan memerhatikan ritme pembangunan daerah. Setiap pemimpin kata dia, membutuhkan setidaknya 10 tahun atau dua periode untuk menyempurnakan programnya.

Calon Bupati Muna LM. Rusman Emba (kiri) dan mantan Bupati Muna dr. Baharudin (kanan).

Karena itu, ia mengajak masyarakat Muna untuk memberi kesempatan sekali lagi kepada pasangan calon petahana LM. Rusman Emba – Bachrun.

Dokter-sapaan akrab Baharuddin mengaku mendukung Rusman di Pilkada Muna dengan dalih menjaga kesinambungan pembangunan. Sebagai mantan Bupati, dirinya sangat memahami jika visi misi kepala daerah baru tuntas dilaksanakan jika memiliki waktu 10 tahun. Hal itu mengingat kepemimpinan daerah lebih dulu memasuki fase adaptasi, baru kemudian bisa menemukan format program yang sesuai kebutuhan dan tantangan pembangunan.

“Tidak bisa satu periode saja. Kepala daerah butuh dua periode agar seluruh programnya bisa dilaksanakan,” jelasnya.

Ia menguraikan lebih jauh, fase adaptasi bagi kepala daerah biasanya dilakukan pada tahun pertama sampai tahun kedua menjabat. Pada fase tersebut, kepala daerah harus melakukan identifikasi masalah, potensi dan solusi dalam pembangunan. Nanti pada tahun ketiga dan keempat, program baru dapat dilaksanakan dengan efektif. Sedangkan tahun kelima sudah diperhadapkan lagi dengan momentum politik. “Saya seorang mantan Bupati, jadi sangat mengerti dengan kondisi ini,” paparnya.

Ia mencontohkan, saat pembangunan pasar modern Laino dan RSUD Muna mulai dikerjakan, dirinya sudah harus menghadapi Pilkada 2015. Beruntungnya, kedua program strategis itu dilanjutkan oleh LM. Rusman Emba – Malik Ditu, kendati belum sempurna seluruhnya.

Ia mengajak masyarakat memahami hal itu agar tidak terjebak pada euforia sesaat dan mengabaikan keberlanjutan pembangunan daerah. “Saya berharap, Rusman Emba – Bachrun bisa menang di Pilkada,” tuturnya.

Sementara itu, Calon Bupati Muna LM. Rusman Emba menerangkan, masa pemerintahannya di Muna sebenarnya baru efektif berjalan lebih kurang empat tahun. Periode pertamanya baru akan berakhir September 2021 mendatang. Kendati demikian, seluruh visi misi periode pertamanya sudah hampir seluruhnya terealisasi. Beberapa diantaranya ialah infrastruktur dasar seperti air bersih, jalan, rumah sakit dan pasar Laino. Kendati, memang diakui beberapa diantaranya masih butuh penyempurnaan.

“Tahun ke empat ini sebenarnya bisa selesai semua, tetapi karena Covid-19, makanya banyak program yang dialihkan. Itu pun kami sudah melakukan banyak hal,” urainya.

Salah satu yang menggembirakan juga, kata Rusman, Muna kini terbebas dari utang daerah setelah beberapa dekade terakhir. Makanya, ruang fiskal dalam APBDP tahun 2021 sampai seterusnya akan lebih leluasa untuk digunakan pembangunan infrastruktur maupun pemberdayaan. Ia memastikan, dalam periode keduanya nanti, akselerasi pembangunan Muna akan lebih cepat,” pungkasnya. (Ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy