Disnakeswan Konawe Usul Pengadaan 100 Ekor Sapi – Kendari Pos
Konawe

Disnakeswan Konawe Usul Pengadaan 100 Ekor Sapi


KENDARIPOS.CO.ID — Kelompok peternak sapi Brahman masih terus dibina oleh pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Konawe. Saat ini, 1.000 ekor indukan sapi Brahman sudah tersebar pada beberapa kelompok peternak. Sebagian indukan sapi bantuan pengadaan tahun 2019 itu telah berproduksi dan menghasilkan anakan. Tercatat, dari 1.000 ekor sapi yang didistribusi ke masyarakat, 20 persen sudah berproduksi dan menghasilkan keturunan.

Jumrin S.Pt

Hal itu diungkapkan Kepala Disnakeswan Konawe, Jumrin S.Pt. Ia juga menyebut, kurang lebih 800 ekor sapi Brahman dalam kondisi sehat dan dalam tahap pengembangbiakan oleh masyarakat kelompok peternak. “Memang kita tidak mungkiri, ada beberapa kendala dalam pelaksanaan program sejuta sapi tersebut. Pada penyaluran tahap pertama di tahun 2019, ada beberapa kelompok peternak yang lalai memanfaatkan bantuan sapi itu. Tapi kita terus lakukan pembinaan. Alhamdulillah, sekarang hasilnya cukup memuaskan,” ujarnya, kemarin.

Jumrin menjelaskan, ternak sapi Brahman di Konawe sangat potensial untuk dikembangkan. Selain bobot ternak yang diatas rata-rata, harga jual sapi Brahman juga relatif lebih tinggi dari harga jual sapi lokal pada umumnya. Selain itu, lahan pengembalaan ternak sapi di Konawe masih dirasa cukup proporsional. “Tugas kami selaku instansi teknis tinggal memberikan sosialisasi dan penyuluhan agar masyarakat menyadari potensi daripada beternak sapi Brahman ini,” terangnya.

Dirinya menambahkan, pada tahun anggaran 2020, program pengembangan sapi Brahman sedikit menemui hambatan. Penyebabnya, tak lain akibat adanya pengalihan anggaran di Disnakeswan Konawe untuk penanganan pandemi Covid-19. Namun ia mengaku, dalam alokasi anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBDP), pihaknya kembali mengusulkan pengadaan sapi Brahman sebanyak 100 ekor dengan estimasi dana sebesar Rp 2 miliar. “Namun hal itu masih perlu persetujuan dengan pihak legislatif. Mudah-mudahan saja itu diamini oleh teman-teman di DPRD Konawe,” tandasnya. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy